Gejala-Gejala Alergi Terhadap Riasan Mata

Berbagai kosmetik termasuk riasan mata biasanya mengandung berbagai bahan pengawet, parfum, dan komponen-komponen lain yang bisa saja menyebabkan reaksi alergi. Riasan mata tersebut dapat terdiri dari berbagai produk seperti eye shadow, eyeliner, dan maskara. Produk lain seperti krim mata, concealer, atau foundation juga memungkinkan untuk kontak dengan kulit di sekitar mata anda.

Karena itu, mengetahui gejala-gejala alergi terhadap riasan mata menjadi sangat penting agar anda dapat mengidentifikasi lebih awal jika ada masalah. Hal ini adalah untuk mencegah terjadinya komplikasi yang lebih lanjut. Bagi anda yang memiliki jenis kulit cenderung sensitif, apa yang Gaya Hidup 99 sampaikan di bawah ini mungkin akan sangat berguna.

gejala alergi riasan mata

Ciri-Ciri Alergi Kosmetik Mata

Ruam
Reaksi kulit yang paling umum terhadap kosmetik biasanya adalah munculnya ruam. Jenis ruam ini sangat bervariasi mulai dari benjolan merah hingga rasa gatal yang semakin lama semakin menjadi.

Awalnya mungkin bisa jadi anda tidak menyadari kemunculan ruam jika anda menggunakan produk yang menutupi kulit. Dan anda baru akan menyadari adanya masalah ketika anda merasakan rasa gatal-gatal di kulit anda. Ini dapat dijadikan indikasi awal dari gejala-gejala alergi riasan mata.


Pembengkakan
Selanjutnya anda mungkin akan mengalami peradangan sebagai akibat dari reaksi alergi kosmetik. Pembengkakan pada kulit ini bisa muncul sendiri ataupun disertai dengan ruam. Pada awalnya pembengkakan ringan atau parah mungkin hanya terjadi di sekitar kelopak mata saja, namun reaksi ini dapat meluas ke segala arah, contohnya adalah hingga ke alis dan daerah pipi anda.

Permukaan Mata
Jika riasan mata seperti eyeliner atau maskara secara tidak sengaja kontak dengan permukaan mata anda, maka bisa jadi anda akan mengalami reaksi yang disebut dengan alergi konjungtivitis. Gejala yang muncul termasuk diantaranya adalah rasa gatal, kemerahan, mata berair, dan munculnya cairan kental. Anda juga bisa jadi mengalami sensitifitas yang berlebih terhadap cahaya.

Pengobatan Untuk Gejala Alergi Kosmetik Mata

Begitu anda menyadari adanya gejala-gejala alergi yang muncul, maka segera cuci riasan mata anda dengan lembut. Jangan menggosoknya dengan keras karena itu akan menyebabkan iritasi semakin menjadi.

Segera hubungi dokter anda untuk mendiskusikan tentang reaksi yang muncul dan kemungkinan jika memerlukan pengobatan lebih lanjut untuk meredakan gejala alergi tersebut. Untuk meringankan peradangan, dokter biasanya akan memberikan resep obat tetes mata ataupun obat oral. Sedangkan untuk mengatasi ruam yang muncul, jika tidak terlalu dekat dengan mata anda, maka dokter biasanya akan memberikan resep obat topikal (salep yang dioles).


Artikel lain seputar alergi, lihat:

0 Komentar

Posting Komentar