Cara Perawatan Rambut Kering-Keriting Di Rumah

Secara alami rambut keriting cenderung mudah menjadi kering dan kusut, hal inilah yang menyebabkan kenapa rambut keriting terlihat lebih kusam dan rusak daripada keadaan yang sebenarnya. Dan seperti yang telah Gaya Hidup 99 jelaskan dalam Perawatan Rambut Keriting, mengurus jenis rambut seperti ini memang cukup menantang, apalagi jika sudah mengalami kekeringan dan terlihat kusam.

Namun jangan kuatir dulu, anda tidak perlu sering-sering mendatangi salon kecantikan dan mengeluarkan banyak uang untuk merawat rambut anda. Cara perawatan rambut kering-keriting di rumah berikut ini akan membantu anda untuk mengembalikan kelembaban, kelembutan, dan kilau alami rambut anda.

cara merawat rambut kering keriting di rumah

Cara Merawat Rambut Kering


1. Bilasan Alami Untuk Rambut Kering

Rambut keriting yang kering akan terlihat kasar dan kusam. Hal ini seringkali disebabkan karena kutikula pada helai rambut keriting memang tidak berbaring rata, dan keadaan ini semakin diperparah dengan kurangnya kelembaban.

Anda dapat mengatasi masalah ini dengan membuat sendiri bilasan yang membantu meratakan kutikula rambut, yang dapat membuat rambut mengunci kelembaban, mengeluarkan kilau alaminya, dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Teh sage (sage tea) bisa menjadi solusi murah dan mudah didapat sebagai bilasan rambut. Cukup seduh 1 kantong teh sage dengan air panas secukupnya. Biarkan hingga airnya menjadi dingin / cukup nyaman untuk digunakan. Siramkan air seduhan secara merata pada rambut anda, biarkan beberapa saat, lalu bilas bersih dengan air dingin. Setelah itu anda dapat mengatur rambut anda seperti biasa.



2. Kondisioner Rambut Buatan Rumah

Seperti telah dijelaskan di awal, rambut keriting rentan menjadi kering, pecah-pecah, dan kusut. Melakukan deep-conditioning secara teratur dapat membantu untuk mengatasi itu semua dan mencegah hilangnya kelembaban alami rambut secara berlebihan. Anda dapat membuat kondisoner rambut sendiri dengan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah seperti telur, madu, mayones, alpukat, dan pisang.

Contohnya adalah masker rambut yang terbuat dari buah alpukat dan madu, yang sangat baik untuk melembutkan, melembabkan, dan memperkuat rambut keriting. Hancurkan alpukat hingga lembut secukupnya, lalu tambahkan 1 sampai 2 sdm madu dan aduk hingga rata. Oleskan masker ini secara merata pada rambut anda, fokuskan pada bagian ujung rambut, lalu bungkus rambut dengan topi mandi (shower cap).

Biarkan kira-kira selama setengah jam atau lebih agar segala nutrisi yang terdapat dalam masker tersebut dapat terserap sempurna. Selanjutnya anda dapat melakukan keramas dan menggunakan kondisoner seperti biasa.

Baca juga artikel terkait berikut:

3. Perawatan Rambut Dengan Shea Butter

Shea butter atau mentega shea adalah mentega yang diolah dari buah pohon shea. Sangat umum digunakan dalam dunia kosmetik dan merupakan pelembab alami yang sangat baik serta bisa dipakai oleh semua jenis rambut. Kaya akan vitamin A yang akan mengkondisikan rambut, melembabkan, dan mencegah rambut menjadi kering dan rapuh. Pilih shea butter murni yang bebas pewarna dan parfum sebagai perawatan rambut alami.

Cara menggunakannya adalah, basahi rambut anda terlebih dahulu, setelah tidak ada lagi air yang menetes dari rambut, oleskan sedikit shea butter secara merata pada helai-helai rambut anda. Tutup rambut dengan topi mandi (shower cap) selama 15 hingga 30 menit. Setelah itu bersihkan kelebihan shea butter pada rambut dengan menggunakan handuk, dan biarkan rambut kering secara alami dengan diangin-anginkan.

Anda tidak perlu melakukan keramas setelahnya, karena itu justru akan menghilangkan tujuan yang sebenarnya untuk melembutkan dan melembabkan rambut keriting anda yang kering.

0 Komentar

Posting Komentar