Bagaimana Cara Membuat Rambut Kering Menjadi Lembut?

Sudah dapat dipastikan bahwa rambut yang lembut akan lebih mudah diatur, lebih tampak berkilau, dan lebih gampang untuk dibentuk mengikuti model-model rambut yang diinginkan, tidak peduli tekstur rambut anda lurus maupun keriting. Hal-hal tadi tentu akan sulit jika rambut anda kasar, kering, dan rusak.

Sebagian besar penyebab rambut kering, rusak, dan rapuh adalah karena penggunaan produk-produk yang mengandung bahan kimia serta cara perawatan yang salah. Karena itu, cara melembutkan rambut yang dianggap paling baik adalah dengan merubah rutinitas perawatan rambut yang anda lakukan serta pemilihan produk penataan rambut yang lebih ringan.

cara membuat rambut kering menjadi lembut

Langkah-Langkah Melembutkan Rambut


Langkah 1

Rubah kebiasaan mencuci rambut. Bagi anda yang memiliki rambut kering, jangan terlalu sering mencuci rambut. Pakai produk shampo dan kondisioner yang memang diperuntukkan khusus bagi rambut kering.

Penting sekali untuk memilih produk kondisioner yang mengandung emulsi, protein, dan pelembab. Anda bahkan mungkin akan merasakan rambut anda menjadi lebih baik saat mengganti sampo dengan sulfat ringan dan memilih kondisioner yang bebas silikon. Dan jangan lupa untuk membilas rambut dengan air dingin untuk memunculkan kemilau alaminya.

Langkah 2

Pilihlah teknik perawatan dan produk-produk yang ringan. Rambut yang sehat adalah rambut yang lembut, karena itu sikatlah / sisir rambut secara lembut dan usahakan sebisa mungkin untuk membiarkan rambut menjadi kering secara alami dengan diangin-anginkan. Pilih produk penataan rambut yang bebas alkohol, karena alkohol dapat membuat rambut menjadi rapuh.



Langkah 3

Anda dapat melakukan perawatan minyak panas untuk melembutkan rambut. Gunakan minyak zaitun dan balurkan secara merata pada seluruh bagian rambut. Lalu bungkus rambut dengan shower hat (topi mandi), dan biarkan selama 15 sampai 20 menit lalu keramas seperti biasa. Anda dapat melakukan perawatan ini sesuai kebutuhan tergantung kondisi rambut, bisa sebulan sekali ataupun seminggu sekali.

Langkah 4

Anda juga dapat melakukan perawatan rambut secara alami dengan mayones. Dapat digunakan langsung ataupun dicampur dengan bahan-bahan lain seperti alpukat, telur, dan bahan-bahan alami lain yang menutrisi rambut. Balurkan secara merata ke seluruh rambut lalu bungkus rambut dengan shower hat.

Biarkan selama 15 hingga 30 menit lalu cuci rambut seperti biasa. Anda dapat melakukan keramas hingga 2 kali untuk menghilangkan bau mayones, sehingga rambut anda tidak beraroma salad. Ini adalah cara mengatasi rambut kering secara alami yang banyak direkomendasikan.

Langkah 5

Cari produk-produk yang dapat membuat rambut menjadi lembut dan bersinar seperti serum rambut yang dapat menghaluskan kutikula rambut. Pilihan sederhana lainnya adalah dengan mengoleskan sedikit lotion tangan atau minyak kelapa asli (bukan kelapa sawit) ke bagian rambut yang terlihat kering. Semua hal ini bertujuan agar rambut menjadi lebih mudah untuk diatur.

Semoga lima langkah cara membuat rambut kering menjadi lembut diatas dapat membantu anda dalam merawat rambut kering yang anda miliki. Jika dilakukan secara rutin dan teratur, maka rambut yang lembut, halus, dan mudah diatur akan anda dapatkan dalam waktu singkat. Selamat mencoba!

2 Komentar:

  1. itu yg buat rambut berkilau pake air dingin kamar mandi atau air dingin es ?

    BalasHapus