Mengapa Mentega Kakao Baik Untuk Kulit Anda?

Mentega kakao atau lebih sering disebut dengan cocoa butter (bhs.Inggris) diketahui memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit, khususnya sebagai pelembab dan aromaterapi. Memang pemanfaatan utama dari mentega kakao adalah untuk mencegah terjadinya kulit kering, menjaga kulit selalu berbau harum, dan membuat kulit terlihat lembut.

Konsistensi mentega kakao berubah berdasarkan suhu, karena itu baik produk yang berupa cairan maupun padat seperti sabun dan mentega tubuh dikatakan sama bermanfaatnya. Berikut ini adalah penjelasan mengapa mentega kakao baik untuk kulit.

alasan mentega kakao baik untuk kulit

Cocoa Butter Dan Manfaatnya Untuk Kecantikan


Proses Pembuatan dan Penyimpanan Mentega Kakao

Mentega kakao dibuat dari zat lemak yang dihasilkan dari hasil ekstraksi biji kakao. Biji kakao sendiri adalah bahan yang sama untuk pembuatan coklat. Tanaman kakao atau coklat dapat berbunga dan berbuah sepanjang tahun dengan bentuk buah agak lonjong dan sedikit besar.

Setelah buah kakao matang dan berwarna coklat, maka biji yang berada di dalam buah akan diambil dan kemudian diproses menjadi pasta sebagai bahan dasar mentega kakao.

Salah satu keunggulan dari mentega kakao ini adalah pada umurnya yang panjang. Mentega kakao dapat bertahan hingga diatas 3 tahun jika disimpan pada tempat yang sejuk dan terhindar dari sinar matahari langsung.

Mentega Kakao Untuk Perawatan Kulit

Mentega kakao terkenal akan aromanya yang menyenangkan. Aroma mentega kakao seperti bau kacang dengan kombinasi kakao atau coklat. Mentega ini banyak dicari oleh mereka yang suka melakukan tanning (menggelapkan kulit) karena nuansa tropisnya dan memang banyak sekali lotion ataupun minyak tanning yang berbahan dasar mentega kakao.

Manfaatnya adalah untuk menghidrasi kulit dan membuat kulit kering menjadi lembut, halus, serta berkilau alami. Khasiat lainnya untuk perawatan kulit, mentega kakao ini sering digunakan sebagai bahan dasar sabun (contohnya adalah sabun hitam Afrika).

Krim tubuh atau mentega tubuh yang berbahan dasar mentega kakao murni adalah pilihan yang sangat populer dalam produk kosmetik dan perawatan pribadi. Teksturnya lebih tebal dengan konsistensi yang lebih kaya jika dibandingkan dengan lotion.

Manfaat Mentega Kakao Organik

Mentega kakao murni tidak mengandung bahan kimia atau bahan aditif seperti produk perawatan kulit lainnya. Inilah yang menjadikan mentega kakao dikatakan sebagai produk perawatan kulit organik.

Biji kakao dikeringkan, difermentasi, dan dipanggang untuk kemudian diolah menjadi produk perawatan kulit alami. Saat ini facial coklat sudah menjadi sangat populer pada salon-salon ternama di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Selain mengatasi masalah kulit kering pada wajah, mentega kakao juga menawarkan efek aromaterapi yang menenangkan.

0 Komentar

Posting Komentar