Apa Saja Manfaat Mentega Kakao?

Cocoa butter atau yang dalam bahasa Indonesia disebut dengan mentega kakao berasal dari biji kakao. Walaupun sama-sama diproses dari biji kakao/coklat, namun warna mentega kakao tidaklah sama dengan coklat. Mentega kakao berwarna kuning pucat karena diambil dari lemak aromatik yang berasal dari ekstraksi biji kakao.

Seperti telah dijelaskan oleh Gaya Hidup 99 dalam artikel sebelumnya, selama berabad-abad mentega kakao telah dimanfaatkan dalam berbagai cara seperti dalam kosmetik, suplemen tanning (penggelapan kulit), dan sebagai bahan dasar lotion aromatik mewah.

Sudah dijelaskan pula dalam artikel "mengapa mentega kakao baik untuk kulit", manfaat mentega ini memang luar biasa untuk kecantikan kulit. Mentega kakao dapat dengan mudah meleleh dan menyerap ke dalam kulit untuk membantu menjaga temperatur tubuh setelah diaplikasikan. Lalu apa saja manfaat mentega kakao?

apa saja manfaat mentega kakao

Berbagai Manfaat Mentega Kakao


Cocoa Butter Mencegah dan Mengobati Luka

Cocoa butter sangat sering digunakan oleh wanita hamil yang ingin mencegah munculnya stretch mark pada bagian perut atau bagian tubuh lainnya. Selain untuk mencegah, mentega kakao juga ampuh untuk membantu mengobati stretch mark yang telah muncul dengan membuatnya pudar lebih cepat.

Lebih lanjut lagi, banyak orang yang juga memanfaatkan kehebatan mentega kakao untuk meminimalkan munculnya bekas luka akibat terbakar, tersayat, ataupun luka gores.

Mentega Kakao Baik Untuk Anti-Aging

Mentega ini diketahui tinggi akan kandungan vitamin E yang berfungsi untuk menenangkan dan melembabkan kulit. Efek lebih jauh lagi dari vitamin E adalah dapat membantu meningkatkan produksi kolagen yang bermanfaat untuk mencegah munculnya keriput dan garis-garis halus pada kulit yang merupakan tanda-tanda penuaan.

Selain itu, vitamin E dalam mentega kakao juga efektif untuk menyamarkan bintik-bintik hitam pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari. Anda dapat mengoleskan sedikit saja mentega ini pada daerah sekitar mata dan bibir anda.

Mentega Kakao Mengatasi Kulit Kering dan Gatal

Selain dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dan mencegah munculnya stretch mark, mentega kakao diketahui dapat meringankan masalah kulit kering dan gatal. Karena dapat dengan mudah menyerap ke dalam kulit, mentega kakao akan memberikan efek langsung sesaat setelah dipakai.

Cara yang paling efektif memang dengan mengaplikasikannya langsung pada daerah kulit yang bermasalah. Namun selain itu, mentega kakao juga bisa anda gunakan sebagai krim/lotion untuk memijat dan dipercaya mampu menenangkan otot-otot yang sakit dan lelah.

0 Komentar

Posting Komentar