Perawatan Kulit Alami Untuk Wajah Berjerawat

Bagi anda yang lebih menyukai cara alternatif yang alami ketimbang cara-cara komersial dalam mengatasi jerawat, Gaya Hidup 99 menyarankan anda untuk mencoba produk perawatan kulit wajah rumahan yang murah berikut ini.

Kelebihan dari perawatan kulit alami untuk jerawat adalah, mereka tidak akan menyebabkan iritasi pada kulit karena bebas dari bahan-bahan seperti benzoil peroksida dan asam salisilat yang biasanya terdapat dalam produk-produk komersil.

Kelebihan lainnya, sebagian dari cara-cara alami juga sudah diakui secara ilmu pengetahuan karena sudah melalui proses penelitian. Apa saja perawatan wajah berjerawat secara alami yang dikatakan mampu untuk mengatasi jerawat tersebut?

perawatan kulit alami untuk jerawat

Cara Merawat Kulit Berjerawat


Minyak Tea Tree

Minyak tea tree adalah antiseptik alami yang diperoleh dari pohon tea tree yang secara alami tumbuh di daratan Autralia. Penelitian yang dilakukan oleh Fakultas Kedokteran dari Universitas Isfahan di Iran, menemukan bahwa gel tea tree sebanding dengan benzoil peroksida dalam kemampuannya untuk mengobati jerawat.

Namun perlu diperhatikan, jangan menggunakan minyak tea tree yang masih alami dan kental, ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit anda. Anda dapat memilih pembersih wajah ataupun produk perawatan flek hitam yang mengandung minyak tea tree untuk mengatasi jerawat anda (lihat Pembersih Kulit Alami Terbaik).

Asam Sitrat

Asam sitrat yang secara alami banyak terdapat di dalam buah jeruk, jeruk nipis, dan tomat, adalah zat yang sangat efektif menghapus jerawat. Anda dapat menggunakan air jeruk nipis atau lemon yang dicampur dengan air mawar sebagai toner wajah.

Anda juga bisa menghaluskan bagian dalam buah tomat dan mengoleskannya secara merata di kulit wajah anda. Ini adalah obat rumahan tradisional untuk mengatasi masalah komedo, karena dapat membantu menarik komedo ke permukaan kulit sehingga lebih mudah untuk dibersihkan.

Teh Hijau

Teh hijau merupakan astringen yang efektif untuk melawan jerawat. Di dalam teh hijau terdapat kandungan polifenol yang membantu untuk mengurangi masalah jerawat dan kulit kemerahan.

Gunakan teh hijau yang berasal dari daun teh sencha, seduh dengan air panas, dan balurkan ke wajah anda setelah air seduhan dingin atau suam-suam kuku.

Anda juga bisa mencoba menggunakan lotion atau gel jerawat yang berbahan dasar teh hijau. Sifat antiseptik dalam teh hijau akan membantu untuk membunuh bakteri yang apabila bergabung dengan kotoran, sel kulit mati, dan minyak pada permukaan kulit akan menyebabkan jerawat.

Aspirin

Mungkin anda tidak menyangka jika obat ini dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Sebagai informasi, para salisilat dalam aspirin adalah senyawa yang sama dengan asam salisilat, yaitu bahan yang biasa digunakan dalam pembersih dan krim jerawat.

Hancurkan aspirin dan tambahkan sedikit air untuk membuat pasta. Oleskan pasta tersebut pada jerawat yang tumbuh di wajah anda. Asam salisilat adalah asam beta-hidroksi yang bekerja dengan mengelupaskan sel kulit mati yang menutupi jerawat.

Lotion Kalamin

Lotion kalamin (calamine) adalah lotion tebal berwarna merah muda yang biasanya terbuat dari seng karbonat atau seng oksida. Penggunaan umum dari lotion (bedak cair) kalamin ini biasanya digunakan untuk mengatasi gatal-gatal akibat gigitan serangga atau tanaman beracun.

Anda dapat menggunakan lotion kalamin ini untuk membantu mengeringkan jerawat. Pastikan untuk mengocok botolnya dengan benar sebelum digunakan, karena senyawa seng biasanya akan berpisah dengan cairan apabila botol dibiarkan.