Alasan Alcatraz Menjadi Satu-Satunya Penjara Dengan Hot Shower

Anda mungkin sudah tau mengenai alcatraz atau setidaknya pernah mendengarnya. Yah.., alcatraz adalah nama sebuah pulau yang dijadikan sebagai penjara untuk para penjahat kelas kakap Amerika pada masa lalu.

Banyak nama-nama penjahat Amerika terkenal yang sudah difilmkan oleh Hollywood yang pernah mendekam di salah satu penjara terseram di dunia ini. Pada masa itu, hanya dengan mendengar nama alcatraz saja sudah cukup untuk membuat para pelaku kriminal bergidik.

penjara alcatraz masa lampau

Tapi taukah anda jika penjara alcatraz adalah satu-satunya penjara di Amerika Serikat pada masa itu yang memberikan hot shower (pancuran air panas) untuk mandi para tahanannya?

Bagi sebagian besar masyarakat, ini terlihat sebagai suatu kemewahan yang diberikan kepada para penjahat tersebut. Namun jika mereka tau alasan yang sebenarnya dibalik pemberian fasilitas hot shower tersebut, mereka pasti akan mengatakan itu adalah sebuah langkah yang cerdik sekaligus kejam.


Alasan Pemberian Hot Shower Pada Penjara Alcatraz

penjara alcatraz masa kini
Sebenarnya membiarkan para tahanan alcatraz mandi dengan air hangat bukanlah karena ingin memberikan perlakuan istimewa yang memang tidak seharusnya pada para kriminal tersebut.

Alasan Alcatraz menjadi satu-satunya penjara dengan hot shower sebenarnya justru lebih ke arah penghukuman. Pengelola penjara memang sengaja untuk membiasakan para tahanan tersebut dengan air hangat, sehingga jika ada yang berusaha untuk melarikan diri, tubuh mereka tidak akan kuat dengan dinginnya perairan yang mengelilingi penjara pulau tersebut. Dan ide ini ternyata berhasil dengan sangat baik. Bagaimana, cerdik bukan?