Jerawat Dewasa Pada Wanita: Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Walaupun biasanya masalah jerawat selalu diasosiasikan dengan remaja, namun ternyata banyak juga wanita dewasa yang memiliki masalah dengan jerawat, baik itu di wajah ataupun di bagian lain dari tubuh.

Menurut American Academy of Dermatology, siklus jerawat dewasa pada wanita dimulai ketika produksi minyak berlebih pada kelenjar minyak di bawah permukaan kulit menyumbat pori-pori. Kemudian bakteri berkembang pada penyumbatan minyak dan mengiritasi kulit disekitarnya, mengakibatkan munculnya komedo (terbuka maupun tertutup), jerawat, dan kista.

Dan pengobatan jerawat yang dianggap paling efektif adalah yang menargetkan 1 atau beberapa dari siklus tersebut.

jerawat dewasa pada wanita

Mengenai Jerawat Dewasa


Tipe atau Jenis Jerawat

Jerawat pada orang dewasa dapat dikategorikan sebagai masalah jerawat membandel atau jerawat yang muncul terlambat. Jika masalah jerawat remaja anda terus berlanjut hingga usia 20-an, 30-an, bahkan hingga usia 40-an, maka ini dikatakan sebagai jerawat membandel.

Sedangkan apabila anda tidak mempunyai jerawat pada usia remaja atau di awal usia 20-an, namun memilikinya setelah berusia matang, maka ini disebut sebagai jerawat yang muncul terlambat.


Penyebab Jerawat Dewasa

Sebaiknya anda mengunjungi dokter kulit untuk memastikan penyebab timbulnya jerawat. Dokter akan memeriksa riwayat kesehatan anda, termasuk fluktuasi hormon yang berhubungan dengan siklus menstruasi, kehamilan, dan menopause.

Jerawat dewasa juga bisa jadi merupakan efek samping dari penggunaan obat serta produk-produk kosmetik tertentu, baik itu perawatan kulit maupun rambut. Dan dalam beberapa kasus munculnya jerawat, masalah emosional seperti stres juga diketahui memiliki peranan yang menjadi salah satu penyebab.

Tingkat Keparahan Jerawat Dewasa


Masalah Jerawat Ringan Hingga Sedang

Ketika mengalami kemunculan jerawat, anda mungkin tergoda untuk mencoba beberapa obat jerawat yang dijual bebas di pasaran. Namun sebuah situs besar tentang jerawat memperingatkan bahwa obat-obat yang dijual tersebut bisa jadi akan membuat kondisi jerawat dewasa menjadi semakin parah.

Berkonsultasi dengan dokter adalah hal yang disarankan oleh para ahli untuk mengatasi masalah jerawat ringan hingga sedang yang anda alami. Dokter mungkin akan meresepkan obat topikal yang mengandung benzoil peroksida, retinoid, atau antibiotik.

Untuk beberapa kasus, antibiotik oral seperti clindamycin atau erythromycin juga dapat membantu menghilangkan noda jerawat.


Masalah Jerawat Sedang Hingga Parah

Antibiotik oral dianggap sebagai pengobatan terbaik untuk mengatasi masalah jerawat dewasa sedang hingga parah yang tidak mempan dengan pengobatan topikal. Menurut American Academy of Dermatology, antibiotik seperti doxycycline, tetracycline, dan minocycline dianggap sebagai pilihan. Selain itu, antibiotik-antibiotik ini juga dapat membantu untuk mengatasi jerawat pada daerah yang lebih luas pada tubuh.

Jerawat Parah Dengan Kista

Berdasarkan apa yang disampaikan oleh Paula's Choice Skin Care & Cosmetics, satu-satunya obat yang disetujui oleh banyak Badan Penelitian Obat dan Makanan untuk mengatasi masalah jerawat parah yang memicu kista berisi nanah adalah isotretinoin. Dan karena obat ini dapat menyebabkan cacat kelahiran yang parah pada wanita hamil, maka sangat penting untuk mendapatkan pengawasan yang ketat dari dokter jika mengkonsumsinya saat sedang dalam keadaan hamil.

0 Komentar

Posting Komentar