Cara Pengobatan Jerawat Alami Yang Efektif

Jerawat adalah suatu kondisi kulit yang menyebabkan terjadinya peradangan serta munculnya komedo dan benjolan kecil pada kulit (berisi nanah/tidak). Hal ini bisa terjadi ketika pori-pori kulit tersumbat oleh kotoran, bakteri, dan minyak.

Faktor bakteri ini pulalah yang menjadi penyebab terinfeksinya kulit dan membuat jerawat semakin meradang serta terlihat memerah. Dan seperti yang telah dijelaskan dalam artikel perawatan kulit sebelumnya, memahami karakteristik jerawat menjadi sangat penting agar pengobatan dapat berjalan optimal.

Walaupun menggunakan cara-cara alami terkenal aman, tetap saja pengobatan alami yang efektif untuk menghilangkan jerawat adalah yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi.

pengobatan jerawat dengan kayu manis

Cara Mengatasi Jerawat Secara Alami


Pencegahan Jerawat

Jerawat dipicu oleh penyumbatan yang terjadi pada pori-pori. Ketika pori-pori kulit tersumbat, maka minyak yang diproduksi oleh kelenjar minyak akan terperangkap dan menyebabkan benjolan kecil pada kulit.

Karena itu pastikan untuk selalu mandi setiap hari dan jangan suka mengusap wajah, apalagi jika tangan anda kotor. Menggunakan benzoil peroksida juga disarankan untuk mengatasi produksi minyak yang berlebihan.

Cucilah wajah dengan air dan sabun. Lakukan dengan lembut dan jangan menggosok terlalu keras karena dapat menyebabkan iritasi dan memperparah kondisi jerawat. Hal ini adalah pengobatan jerawat sehari-hari yang paling sederhana.

Mengobati Jerawat Dengan Kayu Manis

Buatlah pasta dari bubuk kayu manis dan sedikit susu murni. Oleskan pasta ini pada wajah anda secara merata dan biarkan semalaman. Cuci wajah anda hingga bersih keesokan paginya.

Menurut sebuah lembaga kesehatan yang terpercaya, kayu manis dikatakan memiliki sifat anti mikroba dan anti inflamasi yang kuat. Masker kayu manis ini akan membantu untuk mengurangi ukuran jerawat dan mencegah terjadi infeksi pada kulit. Gunakan masker ini setiap 2 hari sekali selama seminggu untuk hasil yang maksimal.

Kunyit, Obat Jerawat Tradisional

Sama seperti kayu manis, anda juga dapat membuat pasta dari bubuk kunyit dan sedikit susu murni. Cara menggunakannya juga sama, oleskan pasta tersebut secara merata pada kulit wajah anda (cukup tipis-tipis saja), biarkan semalaman, dan bilas hingga bersih keesokan paginya.

Berdasarkan pernyataan dari Medifast Health, kunyit adalah salah satu bahan alami yang memiliki sifat anti peradangan yang sangat kuat. Hal ini karena kandungan senyawa kurkuminoid yang tinggi dalam kunyit. Gunakan masker ini saat tidak memakai masker kayu manis.

Konsistensi Dalam Mengobati Jerawat Secara Alami

Seperti semua cara-cara alami yang ada untuk mengatasi masalah kesehatan dan kecantikan, konsistensi adalah kunci dari keberhasilan anda. Karena itu, penting sekali bagi anda untuk melakukan perawatan diatas secara teratur dan rutin.

Khusus untuk cara pengobatan jerawat seperti yang dicontohkan, lakukan selama 1 minggu penuh untuk melihat hasil dari perawatan tersebut. Jika masih belum puas dengan hasilnya, maka lanjutkan perawatan hingga satu minggu kedepannya lagi. Apabila muncul efek samping yang tak terduga, maka segera hentikan perawatan dan berkonsultasilah dengan dokter kulit.

0 Komentar

Posting Komentar