Minyak Alpukat Dan Minyak Zaitun Untuk Rambut Kering

Rambut yang sehat dapat dijadikan sebagai tanda akan kesehatan internal yang baik. Dan menggunakan minyak alpukat serta minyak zaitun pada rambut kering dan rapuh dapat membantu untuk menegaskan hal tersebut.

Minyak alpukat diketahui dapat membantu melembabkan rambut yang kering, sedangkan minyak zaitun berfungsi sebagai kondisioner alami yang membuat rambut menjadi lebih lembut dan mudah ditata (lihat Cara Membuat Rambut Kering Menjadi Lembut). Lalu seperti apa sebenarnya cara kerja minyak alpukat dan minyak zaitun pada rambut kering?

minyak alpukat dan zaitun untuk rambut kering

Rambut Kering dan Rapuh

Masalah umum yang paling banyak dikeluhkan oleh para wanita adalah rambut kering. Dan hal ini seringkali disebabkan karena penggunaan berlebihan untuk alat-alat penataan rambut yang menggunakan panas intensif, seperti hairdryer dan catok rambut.

Ketika lapisan terluar dari rambut menjadi rusak akibat panas atau paparan zat kimia, maka rambut tidak lagi akan memantulkan cahaya dan tidak terasa lembut saat disentuh. Dan walaupun rambut yang sehat itu dimulai jauh di dalam folikel rambut, namun perawatan topikal seperti minyak alpukat dan minyak zaitun dapat membantu untuk menutupi dari luar, membuat rambut tampak lebih halus dan sehat.

Lihat : Cara Perawatan Rambut Kering-Keriting Di Rumah


Manfaat Alpukat Dan Minyak Alpukat Untuk Rambut

Alpukat adalah buah yang populer dalam produk kosmetik karena kandungan asam lemak jenuh tunggal di dalamnya sangat efektif sebagai pelembab alami. Para ahli mengatakan bahwa asam lemak esensial sangatlah penting untuk menjaga kekuatan dan cahaya alami rambut.

Website Regenerative Nutrition juga menambahkan jika buah alpukat memiliki tingkat penetrasi dan penyerapan yang tinggi pada kulit kepala dan rambut. Dan buah ini juga kaya akan kandungan vitamin serta mineral yang dapat membantu menyehatkan rambut dan kulit kepala. Sedangkan untuk minyak alpukat, minyak ini diketahui sangat bermanfaat dalam pengobatan masalah rambut kering, penipisan rambut (lihat Cara Membuat Rambut Tipis Menjadi Lebih Tebal), dan ketombe (lihat Cara Menghilangkan Ketombe Secara Permanen).

Baik minyak alpukat organik ataupun minyak alpukat murni, keduanya sama-sama dapat digunakan untuk merawat rambut kering. Cara menggunakannya juga boleh dipijatkan langsung pada kulit kepala dan rambut, atau dapat dicampurkan dalam sampo dan kondisioner. Selain berfungsi untuk menutrisi dan mengatasi rambut kering, minyak ini juga sangat bermanfaat dalam membantu pertumbuhan rambut yang lebih sehat.

Manfaat Minyak Zaitun Dalam Perawatan Rambut

Sebenarnya minyak zaitun dapat digunakan dalam perawatan kecantikan secara umum, namun seperti yang sudah Gaya Hidup 99 sampaikan sebelumnya, minyak ini diketahui paling bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan dan vitalitas rambut.

Minyak zaitun di-klaim memiliki kemampuan untuk menutrisi dan menghidupkan kembali rambut yang kering dan kusam. Sangat disarankan untuk menggunakan minyak zaitun yang diproses dengan sistem cold-pressed (minyak zaitun murni), karena kandungan vitamin dan mineral yang bermanfaat untuk rambut masih utuh dan tidak rusak akibat pemanasan ataupun sistem ekstraksi.

Minyak zaitun dapat diaplikasikan langsung pada rambut dan kulit kepala sebagai perawatan rambut yang menutrisi. Bungkus rambut dan kepala dengan handuk bersih setidaknya selama setengah jam agar minyak zaitun dapat terserap secara maksimal. Setelah itu, anda dapat membilas rambut menggunakan air hangat serta melakukan keramas dan menggunakan kondisioner seperti biasa.

Efek dari melakukan perawatan rambut dengan minyak zaitun ini dapat langsung dirasakan, yaitu rambut akan menjadi lebih lembut, halus, dan mudah untuk ditata. Lebih banyak mengenai manfaat minyak zaitun bagi rambut dapat dilihat di Manfaat Minyak Zaitun Bagi Rambut Keriting Kering

0 Komentar

Posting Komentar