Manfaat Minyak Zaitun Bagi Rambut Keriting Kering

Sebelumnya anda mungkin sudah pernah mendengar jika minyak zaitun dapat digunakan untuk merawat rambut kering. Nah, artikel Gaya Hidup 99 kali ini juga masih seputar tentang manfaat minyak zaitun untuk rambut, khususnya untuk rambut keriting yang cenderung kering dan kusam.

Berdasarkan apa yang tercantum dalam Journal of Cosmetic Science, minyak nabati memang dapat digunakan untuk memperbaiki kondisi rambut. Minyak nabati seperti minyak zaitun dapat digunakan sehari-hari pada rambut keriting yang panjang sebagai solusi alami dan murah untuk mengatasi masalah yang ada.

Lantas apa saja kegunaan minyak zaitun untuk rambut keriting yang kering?

Berikut ini adalah berbagai keterangan yang dirangkum dari banyak sumber terpercaya:

manfaat minyak zaitun bagi rambut keriting

Khasiat Minyak Zaitun Untuk Rambut


Mengunci Kelembaban Rambut

Berdasarkan keterangan yang ada, setiap helai rambut terdiri dari 3 lapisan. Lapisan paling luar yang biasa disebut dengan kutikula adalah semacam 'sisik' yang datar, dan berfungsi untuk melindungi lapisan bagian dalam.

Ketika kutikula rambut menjadi rusak, maka poros rambut bagian dalam dapat dengan mudah mengalami kekeringan. Hal ini menyebabkan terjadinya rambut pecah-pecah dan kusam. Dan walaupun secara alami kelenjar minyak pada kulit menghasilkan sebum (minyak alami) yang dapat melindungi kutikula rambut, namun sayangnya sebum tidak dapat melapisi rambut keriting secara optimal seperti pada rambut lurus.

Untuk mengatasi masalah tersebut, anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk melindungi kutikula yang tidak terlapisi sebum secara maksimal. Sebuah situs tentang minyak zaitun menyebutkan jika minyak ini memiliki distribusi kimia yang mirip dengan sebum manusia. Minyak zaitun dapat melapisi kutikula yang rusak serta menembus hingga ke poros rambut untuk mengunci kelembaban pada rambut.



Menghentikan Ujung Rambut Pecah-Pecah

Sekelompok blogger yang mengklaim dirinya adalah ilmuwan kosmetik yang menyamar mengeluarkan panduan untuk menghentikan ujung rambut bercabang dan pecah-pecah pada mereka yang memiliki rambut panjang.

Tidak peduli pria ataupun wanita, semua orang yang mempunyai rambut sangat panjang apalagi keriting haruslah meminyaki bagian ujung rambut untuk menghindari rambut pecah-pecah. Dan dari semua bahan alami yang ada, sekelompok blogger tersebut menempatkan minyak zaitun ekstra virgin sebagai urutan yang pertama.

Ujung rambut yang pecah biasanya terjadi karena rambut mengalami dehidrasi (kekeringan). Karena itu, anda harus menjaga agar rambut tetap dalam kondisi terhidrasi dengan baik menggunakan minyak zaitun secara rutin.

Memperkuat dan Melembutkan Rambut

Masih berdasarkan pendapat dari sekelompok blogger yang menamakan dirinya "The Beauty Brains". Minyak zaitun dikatakan memiliki kekuatan untuk menyembuhkan. Seperti apa yang disampaikan dalam Journal of Cosmetic Science, minyak zaitun dapat dengan mudah menembus kutikula rambut hingga ke poros rambut dan mengikat kelembaban.

Selain itu, minyak zaitun juga dapat merangsang sintetis kolagen dan elastin, sehingga ini akan membuat sel kembali sehat.

Cara Menggunakan Minyak Zaitun

Cara menggunakan minyak zaitun untuk merawat rambut sangat mudah. Anda tinggal meneteskan sedikit minyak zaitun ekstra virgin ke telapak tangan, lalu menggosoknya dan kemudian diusapkan pada ujung-ujung rambut.

Agar hasilnya lebih optimal, anda dapat mencampur minyak zaitun dengan minyak kelapa asli (bukan sawit). Campuran kedua minyak ini dapat bekerja secara bersama-sama dalam mengoptimalkan penampilan rambut, khususnya buat rambut keriting yang kering.

Itulah tadi penjelasan lengkap yang dapat saya sampaikan mengenai manfaat minyak zaitun bagi rambut keriting kering. Jika anda memiliki jenis rambut kering, dan anda ingin memanjangkannya, maka ada baiknya untuk menggunakan minyak zaitun secara rutin untuk mencegah rambut anda mengalami kekeringan dan terlihat kusam. Semoga membantu!

0 Komentar

Posting Komentar