Aneka Vitamin Untuk Menghilangkan Jerawat Dewasa

Tahukah anda jika vitamin-vitamin tertentu ternyata dapat membantu untuk mengatasi jerawat? Berikut ini adalah beberapa vitamin untuk menghilangkan jerawat yang dapat membantu anda mengatasi masalah jerawat dewasa berdasarkan saran dari para ahli.

Bagi anda yang sudah akrab dengan jerawat sejak usia remaja, tentu anda sudah sangat paham dengan berbagai perawatan kulit konvensional yang ada. Anda juga mungkin sudah mencoba beberapa metode pengobatan jerawat.

Bagi sebagian besar orang, masalah jerawat memang akan berkurang ataupun hilang dengan sendirinya seiring bertambahnya usia. Namun itu bukanlah hal mutlak, karena walaupun secara hormon orang dewasa sudah lebih stabil, gaya hidup dan pola makan buruk juga dapat menjadi pemicu munculnya jerawat.

vitamin untuk memerangi jerawat

Vitamin Sebagai Obat Anti Jerawat


Vitamin A

Salah satu bahan umum yang ditemukan pada banyak krim anti jerawat dan anti penuaan adalah retinal. Retinal sendiri sebenarnya adalah termasuk jenis dari vitamin A, yaitu antioksidan yang berfungsi untuk melawan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan.

Beberapa makanan yang dapat dijadikan sebagai sumber vitamin A antara lain adalah susu, minyak ikan, buah jeruk, daging sapi, daging ayam, sayuran kuning, dan sayuran hijau. Pada buah-buahan dan sayuran, zat ini muncul dalam bentuk betakaroten, yang kemudian oleh tubuh akan dirubah menjadi vitamin A.

Vitamin B

Sejumlah turunan dari vitamin B sudah sangat umum digunakan untuk mengobati berbagai macam kondisi kulit, dan dianggap sangat penting dalam pemeliharaan kesehatan kulit secara umum. Manfaat vitamin B untuk kulit (wajah dan masalah jerawat) cukup banyak diteliti hingga saat ini.

Dipercaya bahwa salah satu hal yang dapat memicu munculnya jerawat adalah karena kekurangan vitamin B5. Vitamin B5 memang mempunyai peranan dalam produksi koenzim A, yaitu senyawa alami tubuh yang membantu memetabolisme minyak pada kulit.

Kekurangan koenzim A inilah yang membuat jerawat dapat muncul. Selain itu, keluarga vitamin B lainnya yang dianggap berhubungan dengan kemunculan jerawat adalah B12, yaitu vitamin yang berperan dalam pembentukan sel kulit baru.

Vitamin C dan E

Kedua vitamin ini adalah termasuk antioksidan alami. Dipercaya vitamin C ini adalah vitamin yang paling penting dalam memerangi jerawat karena kemampuannya untuk mengurangi kerusakan pada sel-sel kulit akibat berbagai racun yang masuk. Selain itu, vitamin C juga dapat membantu mengeluarkan racun-racun tersebut dari tubuh.

Sedangkan untuk vitamin E, vitamin ini dianggap mempunyai peran yang sama dengan vitamin C, hanya saja jalurnya yang berbeda. Jika vitamin C adalah vitamin yang larut air, maka vitamin E adalah vitamin yang larut dalam lemak. Vitamin C untuk wajah dan vitamin E untuk wajah adalah sama terkenalnya di dunia kecantikan dan kesehatan kulit.

Seng

Zat ini memang bukan termasuk vitamin. Seng adalah mineral yang sudah sejak lama diketahui memiliki peranan dalam pengobatan jerawat. Seng dianggap sebagai antioksidan yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi yang menjadi penyebab munculnya jerawat di kulit.

Selain itu, seng juga dapat membantu dalam penyerapan vitamin A, mengatur kadar dari vitamin E, serta membunuh bakteri yang menjadi penyebab jerawat.

Semoga artikel mengenai vitamin penghilang jerawat yang Gaya Hidup 99 berikan diatas dapat membantu anda untuk mengatasi kondisi jerawat dewasa yang sedang anda alami. Jika memang kurang yakin dan tidak ingin terlalu sembarangan dalam mengkonsumsi vitamin, maka ada baiknya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kulit anda.