Cara Membuat Kulit Lembut Dan Bercahaya

Topik Gaya Hidup 99 kali ini mungkin akan sangat menarik bagi para kaum hawa, walaupun para pria juga "tidak haram" untuk mengetahuinya. Sebenarnya anda hanya memerlukan 3 proses untuk mendapatkan kulit yang lembut dan indah bercahaya, yaitu: pembersihan - pengelupasan - dan pelembaban.

Untuk bisa melakukan ketiga proses tersebut secara sempurna, anda tidak perlu mengeluarkan jutaan atau puluhan juta rupiah hanya demi membeli beberapa produk perawatan kulit yang dipakai para artis terkenal.

Perlu dipahami bahwa cara membuat kulit lembut dan bercahaya itu hanya masalah kemauan, kesabaran, dan ketelatenan, bukan bagaimana cara yang tercepat atau produk terbaru.

cara membuat kulit menjadi lembut bercahaya

6 Langkah Cara Melembutkan Kulit

Langkah 1
Cuci wajah anda setiap malam menggunakan pembersih wajah lembut yang bebas sabun (lihat Pembersih Kulit Alami Terbaik). Sabun dan pembersih wajah yang keras dapat mengelupaskan minyak esensial alami pada kulit yang justru sangat diperlukan untuk menjaga kelembaban dan kekenyalan kulit.

Jika memang harus menggunakan sabun, maka anda dapat memilih antara Dove, Olay, atau Basis. Sedangkan jika lebih memilih cleanser, anda bisa menggunakan Cetaphil, Oilatum-AD, atau Aquanil.

Langkah 2
Lakukan eksfoliasi atau pengelupasan kulit setidaknya 1 minggu sekali. Menurut seorang dokter kulit terkenal bernama Dr. Audrey Kunin, eksfoliasi dapat membantu untuk menyingkirkan serpihan sel kulit kering, mencegah jerawat, dan mempercepat pergantian sel kulit baru yang mencegah tanda-tanda penuaan.

Kunin merekomendasikan scrub yang mengandung partikel sintetis yang berbentuk bulat ketimbang scrub dengan partikel alami yang biasanya memiliki bentuk asimetris. Dia percaya butiran scrub yang berbentuk asimetris dapat mengelupaskan kulit hingga ke bagian mikroskopis, dan hal ini tidaklah baik.


Langkah 3
Lakukan pelembaban kulit setidaknya 1 kali sehari. Menurut Dr. Sonia Badreshia, melembabkan kulit sehari-hari adalah salah satu dari 2 kunci utama untuk mendapatkan kulit yang bercahaya.

Jika anda memiliki kulit yang kering, maka anda perlu untuk menggunakan pelembab 2 kali sehari. Dan walaupun anda memiliki kulit yang berminyak, Badreshia tetap percaya jika anda masih perlu untuk menggunakan pelembab.

Pilih pelembab ringan dengan label non-comedogenic yang sudah dilengkapi tabir surya di dalamnya jika anda memiliki tipe kulit berminyak.

Langkah 4
Gunakan tabir surya setiap hari. Ini adalah kunci kedua untuk membuat kulit bercahaya yang dimaksud oleh Dr. Sonia. Tabir surya dapat melindungi kulit dari radiasi yang menyebabkan kerusakan, perubahan warna kulit, keriput, penuaan dini, hingga kanker kulit.

Anda perlu mengulang pemakaian tabir surya pada tengah hari dan sore hari jika kulit anda selalu terpapar sinar matahari. Tujuannya adalah agar kulit anda benar-benar terlindungi sepanjang hari.

Langkah 5
Hidrasi kulit anda dengan mengkonsumsi buah-buahan segar dan sayuran daripada hanya minum air putih. Menurut seorang dermatolog bernama Dr. Howard Murad, mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya air dapat menghidrasi kulit sekaligus memberikan manfaat antoksidan dan anti-inflamasi.

Langkah 6
Ramu masker alami yang bisa anda buat sendiri untuk memberikan nutrisi dan dapat menenangkan kulit. Beberapa resep cara membuat masker alami yang sangat baik bagi kulit wajah akan saya bahas pada postingan tersendiri dalam blog ini.

Artikel kecantikan lainnya yang juga penting untuk diketahui: