Tips Untuk Menghentikan Rambut Rontok

Kali ini Gaya Hidup 99 akan membahas tema masalah rambut yang cukup banyak dialami oleh orang-orang, yaitu mengenai cara menghentikan rambut rontok. Tidak ada satu orangpun yang akan menyadari ketika rambut anda mulai mengalami kerontokan kecuali diri anda sendiri.

Saudara atau teman anda mungkin baru akan menyadari ketika masalah sudah semakin parah, dengan kata lain ketika rambut anda sudah terlihat sangat tipis ataupun mengalami kebotakan. Karena itu, anda harus peka dan langsung mengambil tindakan sejak dini sebelum masalah kerontokan menjadi semakin parah.

Helai-helai rambut berlebih yang tertinggal di sisir, ataupun lubang saluran air yang tersumbat di kamar mandi cukuplah untuk dijadikan indikasi. Jika hal ini sedang terjadi pada anda, maka tips cara mencegah rambut rontok berikut ini mungkin dapat membantu.

tips menghentikan rambut rontok

Perawatan Rambut Rontok

Konsumsi Lebih Banyak Protein

Mungkin tidak banyak dari anda yang mengetahui jika masalah rambut rontok juga sangat berhubungan erat dengan pola dan menu makan. Bisa jadi secara tanpa sengaja anda menjalani pola diet yang mengurangi asupan protein dan vitamin B ke tubuh.

Kekurangan protein akan membuat tubuh tidak mampu memproduksi keratin yang dibutuhkan rambut untuk tumbuh. Karena itu, menambah asupan makanan yang mengandung protein dan vitamin B seperti niasin dan biotin dapat menjadi solusi bagi anda untuk mengatasi rambut rontok secara alami.

Istirahatkan Rambut

Pemakaian alat blow dry setiap hari dan sering mengikat rambut secara kencang dalam waktu lama dapat menjadi penyebab rambut rontok. Karena itu, anda perlu memberikan waktu istirahat kepada rambut. Ini juga merupakan bagian dari perawatan rambut.

Saat anda sedang tidak diburu-buru waktu, biarkan saja rambut kering secara alami dan simpan hairdryer anda. Anda juga dapat berganti-ganti tatanan rambut. Jangan terus-terusan menggunakan gaya rambut yang mengharuskan rambut anda diikat kencang dalam waktu lama.

Atasi Stres Anda

Hal ini penting untuk anda ketahui, bahwa masalah stres yang serius dapat membuat folikel rambut menjadi lemah dan mudah rontok. Jika anda menyadari bahwa kerontokan rambut yang terjadi berkaitan dengan stres yang sedang anda alami, maka menemukan cara mengatasi stres dapat membantu rambut anda dari masalah kerontokan. Efektivitas dalam mengelola stres akan mengembalikan kondisi rambut anda seperti sebelumnya dalam beberapa bulan.

Minta Bantuan Ahli

Jika anda merasa khawatir karena mengetahui jumlah rambut yang rontok sangat banyak menurut anda, maka jangan tunda untuk segera berkonsultasi dengan dokter kulit yang mengambil spesialisasi rambut rontok.

Dalam beberapa kasus, rambut rontok bisa menjadi indikasi akan adanya penyakit serius yang harus segera diatasi. Dan jika rambut rontok terjadi karena masalah genetik atau penggunaan obat tertentu, maka itu juga harus ditangani dengan cepat.

Semakin lama anda menunda untuk mencari bantuan, maka akan semakin kecil pula kemungkinan anda menemukan cara mengobati rambut rontok yang dapat mengembalikan kondisi rambut anda seperti semula.

Baca juga Cara Menebalkan dan Menguatkan Rambut

Itulah tadi beberapa tips untuk menghentikan rambut rontok yang harus anda perhatikan ataupun anda lakukan. Penting untuk jangan pernah menunggu hingga masalah menjadi semakin parah dan susah diatasi. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Posting Komentar