Ketahui Hal Yang Bisa Membahayakan Kesehatan Pria!

Informasi gaya hidup pria kali ini akan membahas tentang kesehatan pria. Berdasarkan apa yang dikatakan oleh para ahli, kaum pria cenderung lebih rentan untuk mengabaikan kesehatan pribadinya. Padahal melakukan pemeriksaan harian sederhana ataupun check-up rutin dapat membatasi tingkat keparahan dari beberapa penyakit umum yang biasa diderita pria.

Selain itu, pemeriksaan rutin juga dapat memberikan pilihan pengobatan yang paling cocok dan terbaik sesuai dengan kondisi. Namun sayangnya banyak dari perilaku dan kebiasaan yang dimiliki oleh para pria justru membahayakan dirinya sendiri. Apa saja hal-hal tersebut?

hal yang membahayakan kesehatan pria

Kebiasaan Buruk Pria Mengenai Kesehatan


1. Menghindari Check Up

Kebanyakan pria beranggapan bahwa melakukan check up di dokter atau rumah sakit hanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah tua ataupun mempunyai fisik lemah. Para pria cenderung lebih memilih untuk sibuk dengan pekerjaan ataupun sibuk mengurusi keluarga ketimbang memperhatikan gejala-gejala yang mungkin dialami.

Padahal pemeriksaan rutin dapat memberikan informasi suatu gejala sejak dini. Check up rutin yang baik meliputi pemeriksaan kadar kolesterol, kadar gula darah, dan pemeriksaan akan kemungkinan adanya sel tumor atau kanker.

2. Kebiasaan Merokok

Merokok dapat menyebabkan sejumlah gangguan kondisi kesehatan, seperti masalah tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Selain itu, rokok dikatakan sebagai penyebab utama dari banyak jenis kanker seperti kanker paru-paru, tenggorokan, dan mulut.

Kebiasaan merokok dikaitkan langsung dengan 90% kasus kanker paru-paru yang terjadi di dunia. Selain itu, merokok juga mempunyai andil terhadap penyakit paru obstruktif kronis yang biasanya mengarah kepada emfisema dan bronkitis kronis.

3. Menu Makan Kurang Sehat

Berdasarkan data yang ada, penyakit jantung dan kanker dikatakan sebagai penyebab utama untuk kasus kematian pria pada tahun 2006. Dan walaupun makanan tidak dapat menyembuhkan kanker, namun makanan yang sehat dapat meningkatkan potensi dari pengobatan yang dilakukan.

Kebanyakan pria memang kurang memperhatikan tentang menu makanan yang dikonsumsinya, padahal dengan memilih makanan sehat yang rendah kolesterol, rendah lemak jenuh, dan tinggi serat dapat melindungi pria dari serangan jantung.

4. Mengabaikan Gejala-Gejala

Secara alami tubuh manusia akan memberikan sinyal apabila ada sesuatu yang tidak beres. Dan mengabaikan sinyal-sinyal yang diberikan oleh tubuh ini dapat menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan.

Jika anda sering mengalami rasa haus yang luar biasa, maka konsultasilah dengan dokter tentang kemungkinan gejala diabetes. Jika anda merasa kesulitan dalam buang air kecil, maka lakukan tes prostat. Jika terdapat benjolan / bengkak ataupun merasakan sakit pada bagian testikel, maka segera buat janji dengan dokter.

Itulah tadi beberapa hal yang bisa membahayakan kesehatan pria dan kebiasaan-kebiasaan buruk yang paling sering dilakukan. Jika anda adalah seorang wanita, dan jika kebetulan pria anda memiliki salah satu atau beberapa kebiasaan diatas, maka tugas andalah untuk mulai memperingatkannya. Jangan pernah biarkan segala menjadi terlambat hanya karena ketidakpedulian anda.

0 Komentar

Posting Komentar