Cara Mengurangi Mata Bengkak/Sembab Di Pagi Hari

Seiring bertambahnya usia, jaringan dan struktur otot yang mendukung kelopak mata akan melemah. Akibatnya, lemak dan cairan tubuh akan bermigrasi di sekitar mata anda, mengakibatkan mata anda terlihat bengkak atau sembab (puffy eyes).

Namun selain hal tersebut, kondisi-kondisi tertentu seperti faktor cuaca, keturunan, makanan, fluktuasi hormon, dan gaya hidup juga dapat menjadi penyebab munculnya mata bengkak di pagi hari.

Lalu bagaimana cara mengobati mata bengkak atau puffy eyes di pagi hari? Beberapa langkah sederhana ini mungkin dapat membantu anda untuk menghilangkan mata bengkak yang anda alami.

mengurangi mata bengkak di pagi hari

Cara Mengatasi Mata Bengkak

Hal Yang Diperlukan
Sebelumnya, anda perlu menyiapkan beberapa hal terlebih dahulu sebelum memulai langkah untuk meredakan kantung mata bengkak di pagi hari, yaitu:
  • Irisan mentimun, waslap basah, atau kantong teh celup bekas pakai
  • Beberapa kosmetik
  • Bantal tambahan


Langkah Cara Menyembuhkan Mata Bengkak
Langkah 1
Gunakan kompres dingin untuk mengompres seluruh area mata anda beberapa menit setelah bangun tidur di pagi hari. Anda bisa menggunakan irisan mentimun, waslap yang dibasahi air dingin, atau kantung teh celup bekas pakai untuk menyempitkan pembuluh darah dan meredakan pembengkakan.

Langkah 2
Saat anda mengompres mata, anda juga dapat sekalian memijit-mijit tulang rongga mata secara lembut. Ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi dan mengalirkan kelebihan cairan yang menumpuk di sekitar mata.

Langkah 3
Anda juga dapat menggunakan kosmetik untuk membantu menyamarkan puffy eyes. Terapkan eye shadow terang mulai dari atas kelopak mata hingga ke bagian alis. Setelah itu, gunakan sikat eyeliner untuk menyapukan eye shadow warna hitam lembut, coklat, atau abu-abu sedekat mungkin dengan bulu mata. Langkah terakhir adalah adalah dengan menggunakan maskara hitam atau coklat tua.

Langkah 4
Hindari hal-hal yang menjadi alergen buat anda. Seperti yang telah dijelaskan, mata bengkak atau sembab dapat terjadi akibat reaksi alergi terhadap barang-barang seperti kosmetik, sabun, atau obat-obat tertentu.

Langkah 5
Tidur malam yang baik. Dapatkan tidur malam yang cukup setiap malam. Pertimbangkan pula untuk menggunakan bantal tambahan agar tidak terjadi penumpukan cairan di sekitar mata anda.

Tips Dan Peringatan
Jika cara mengurangi mata bengkak/sembab di pagi hari dengan metode pengobatan rumah di atas tidak memberikan hasil yang efektif, maka anda bisa mempertimbangakan prosedur medis. Pengelupasan kimia dan pelapisan dengan laser dapat membantu untuk mengurangi pembengkakan dan perubahan warna di sekitar mata. Untuk kasus yang ekstrim, dokter juga dapat melakukan blepharoplasty, yaitu pembedahan untuk menghilangkan kulit kendur dan lemak yang menyebabkan kelopak mata bengkak.


Informasi kecantikan lainnya untuk dibaca: