Macam-Macam Makanan dan Masakan Tersehat Di Dunia

Berbicara mengenai macam-macam makanan dan masakan tersehat di dunia, hal mendasar yang paling penting untuk dipahami adalah pengetahuan tentang kandungan gizi dari setiap jenis makanan.

Bagaimana anda bisa tau jika yang anda makan adalah makanan sehat, atau anda sudah mendapatkan semua vitamin yang dibutuhkan untuk kesehatan tubuh, jika anda tidak tau kandungan nutrisi di dalamnya?

Karena itu, sedikit pengetahuan dasar mengenai nutrisi pada makanan adalah sangat penting agar anda dapat mengatur diet anda dengan memilih makanan yang benar-benar sehat bagi tubuh anda.

macam-macam makanan tersehat

Jenis-Jenis Makanan Sehat


Para ahli nutrisi sepakat bahwa cara paling efisien untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan bagi kesehatan tubuh adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung berbagai jenis nutrisi.

Dengan begini, anda tidak perlu lagi mengkonsumsi tambahan suplemen vitamin atau mineral. Dan berdasarkan data ilmiah mengenai kandungan nutrisinya, berikut ini 10 makanan tersehat di dunia yang harus anda ketahui:

  • Ubi jalar atau ketela. Bagi anda yang belum tau, ketela sudah ditetapkan sebagai sayuran yang paling bergizi diantara semua jenis sayuran. Ubi jalar mengandung antioksidan, zat besi, betakaroten, vit. B6, dan serat pangan. Nutrisi yang ditemukan dalam ketela dikatakan dapat mencegah berbagai jenis kanker dan penyakit berat lainnya, seperti penyakit jantung.
  • Bayam. Diketahui mengandung zeaxanthin, lutein, dan karotenoid yang sangat baik untuk mencegah gangguan penglihatan yang terkait dengan bertambahnya usia (degenerasi makula). Nutrisi lainnya adalah kalsium dan vitamin K yang sangat penting bagi kesehatan tulang serta pembekuan darah.
  • Brokoli. Dilengkapi dengan kandungan indole-3-carbinol dan sulforaphane, yaitu zat yang dapat membantu tubuh melawan kanker payudara. Mengkonsumsi 1 cangkir porsi brokoli juga dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin C hingga hampir 2 kali lipat.
  • Lentil. Adalah semacam kacang-kacangan yang sangat kaya akan protein, zat besi, folat, dan serat pangan. 1 cangkir porsi lentil akan memberikan anda hingga 90% dari kebutuhn folat harian.
  • Bawang putih. Mengandung senyawa sulfur yang dapat membantu menurunkan tingkat kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan tekanan darah. Selain itu, sifat antibakteri bawang putih juga dapat mencegah kanker usus dan kanker perut. Nutrisi penting dalam bawang putih antara lain adalah kalsium, potasium, fosfor, zat besi, dan vit. C.
  • Blueberry. Buah yang sangat kaya akan antioksidan seperti betakaroten, flavonoid, vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Buah ini memiliki sifat anti penuaan dan anti peradangan.
  • Tomat. Adalah gudangnya vitamin C. 1 buah tomat ukuran sedang dapat mengandung hingga 23 mg vitamin C. Selain itu tomat juga kaya akan likopen yang sangat baik bagi kesehatan pria.
  • Kismis. Adalah buah anggur yang dikeringkan, kaya akan zat besi yang membantu mengedarkan oksigen, mengatasi anemia, serta mencegah retensi air dan tekanan darah tinggi. Nutrisi penting yang terdapat di dalamnya adalah vitamin A, potasium, selenium, dan serat pangan.
  • Ikan salmon. Bersamaan dengan ikan perairan dingin lainnya seperti makarel dan tuna, salmon adalah sumber asam lemak omega-3. Seperti anda ketahui, asam lemak omega-3 sangat mujarab untuk mencegah penyakit jantung dan alzheimer (pikun).
  • Susu skim. Mengandung vitamin A, vitamin B2, dan riboflavin yang sangat diperlukan bagi kesehatan mata. Selain itu, susu skim juga kaya akan vitamin D dan kalsium yang sangat baik bagi tulang dan gigi.
Itulah tadi daftar makanan dan masakan tersehat di dunia yang layak untuk anda sediakan di meja makan. Memang tidak perlu setiap hari, namun setidaknya itu adalah makanan wajib yang penting bagi kesehatan tubuh anda.