5 Makanan Pokok Yang Wajib Setiap Hari

Makan adalah kegiatan rutin yang pasti dilakukan oleh setiap orang. Selain untuk mempertahankan hidup, makanan pokok juga akan memberikan tenaga yang kita perlukan untuk beraktifitas sehari-hari.

Mungkin banyak diantara anda yang bingung untuk makan apa hari ini, makan itu bosan, makan ini juga bosan. Well..., klo mau mengikuti aturan diet (cara makan) sehat, sebenarnya tidak terlalu sulit dalam memilih makanan sehat. Anda hanya perlu mengetahui bahan makanan pokok yang wajib dikonsumsi setiap hari, kemudian anda tinggal memilih berbagai variasi yang ada diantara setiap kelompok makanan tersebut.

Setidaknya ada 5 kelompok makanan pokok yang wajib dan harus masuk ke tubuh anda setiap hari, ini agar anda dapat tetap sehat dan beraktifitas secara maksimal.

5 makanan pokok

Sumber Energi Dan Pemeliharaan Jaringan



Protein Tanpa Lemak

Anda harus makan protein tanpa lemak setiap hari. Protein sangat penting bagi pertumbuhan anak dan pada orang dewasa bermanfaat untuk pemeliharaan jaringan sel, otot, dan organ-organ dalam tubuh. Anda dapat memperolehnya dalam ikan, unggas (tanpa kulitnya), serta telur. Protein tanpa lemak juga bisa didapatkan dari kacang-kacangan dan produk olahannya seperti tahu dan tempe.

Bagi anda yang menderita diabetes atau penyakit jantung, batasi dalam mengkonsumsi kuning telur (tidak lebih dari 3 butir setiap minggunya). Jangan terlalu banyak makan daging merah (sapi, kambing, dll), dan pilihlah potongan yang paling sedikit mengandung lemak jika anda sedang beraktifitas.

Lemak Sehat

Hindari / batasi mengkonsumsi lemak jenuh dan lemak trans yang tidak sehat. Lemak jenuh terutama didapatkan dari mentega dan produk olahan dari susu atau binatang penuh lemak (babi). Sedangkan lemak trans ditemukan pada aneka gorengan, makanan yang dibakar, makanan ringan, dan makanan olahan yang dimasak dengan minyak sayur yang terhidrogenasi parsial.

Pilih makanan yang mengandung lemak tak jenuh yang dapat menyehatkan jantung anda. Lemak tak jenuh dapat ditemukan pada minyak kanola dan minyak zaitun, biji labu, aneka ikan berlemak (salmon, patin), dan aneka kacang-kacangan.

Biji-Bijian

Selain nasi dan roti, sebenarnya masih ada banyak pilihan biji-bijian lain yang menawarkan lebih banyak asupan vitamin, mineral, dan serat. Beberapa pilihan yang dapat anda coba antara lain adalah beras merah, barley, oatmeal, gandum, dan millet. Anda juga dapat mengkonsumsi olahan dari gandum seperti roti gandum.

Sumber Vitamin, Serat, Dan Mineral


Sayuran dan Buah-Buahan

Pilihlah aneka sayuran dan buah-buahan berbagai warna untuk konsumsi sehari-hari. Warna yang berbeda pada setiap sayuran dan buah menunjukkan aneka manfaat yang berbeda pula di dalamnya.

Buah dan sayur sangat penting untuk menjaga kesehatan, dan dapat menghidarkan anda dari penyakit kanker, serangan jantung, stroke, tekanan darah tinggi, dan beberapa penyakit degenarasi makula (penyakit karena bertambahnya usia).

Buah dan sayuran akan menyumbangkan aneka vitamin, mineral, dan zat fitokimia untuk tubuh anda. Ada banyak sekali pilihan sayur dan buah yang dapat anda selang-seling setiap harinya untuk menghindari kebosanan.


Produk Olahan Susu Rendah Lemak

Susu dan produk olahannya adalah pelengkap untuk 5 makanan sehat yang wajib setiap hari. Sangat penting bagi tubuh karena tinggi akan kandungan kalsium dan vitamin D. Namun sebaiknya anda memilih susu dan produk olahannya yang rendah lemak seperti yogurt dan keju.

Hal ini sangat penting untuk menghidari terjadinya penyumbatan pembuluh arteri yang menyebabkan penyakit jantung. Jika anda tidak terlalu menyukai susu atau produk olahannya, maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan kalsium dan vitamin D.

Itulah tadi penjelasan mengenai macam-macam makanan pokok yang harus masuk ke tubuh anda setiap hari jika anda ingin selalu sehat dan prima dalam menjalani aktifitas.

Tinggal disesuaikan saja dengan yang tersedia di sekitar anda, karena pada dasarnya makanan pokok Indonesia tidak berbeda dengan makanan pokok negara lain, ini jika kita mengacu pada kandungan nutrisi di dalamnya.

0 Komentar

Posting Komentar