Teknik Manajemen Stres Dalam Golf

Golf adalah jenis olahraga yang membutuhkan konsentrasi penuh. Seorang pegolf harus dapat memperhatikan kondisi lapangan dengan baik seperti arah dan kecepatan angin, sudut kemiringan tanah, hingga hambatan dan rintangan yang ada.

Ketika ada dalam pertandingan, seorang pegolf sangat mungkin untuk mengalami tekanan. Mungkin anda juga sering mengalaminya. Karena itu, ketika anda berlatih, anda dapat mengembangkan teknik tertentu untuk mengatasi rasa cemas dan stres agar dapat menunjukkan hasil yang maksimal saat hari pertandingan tiba.

Seperti apa caranya? Berikut ini beberapa teknik manajemen stres dalam golf yang dapat anda coba.

manajemen stres dalam olahraga golf

Manajemen Stres

Latihan Pernapasan
Memperlambat pernapasan dapat membuat rileks tubuh anda. Ketika anda mulai merasakan gejala stres, coba tutup mata anda dan berkonsentrasi untuk mengambil napas dalam-dalam secara perlahan.

Tahan napas tersebut selama beberapa detik, lalu buang napas secara perlahan-lahan pula. Pada awalnya anda mungkin tidak merasakan adanya perubahan apa-apa, tapi setelah beberapa menit detak jantung anda akan mulai melambat dan anda akan merasa lebih rileks.


Membayangkan Kesuksesan
Berpikir positif dapat membantu anda untuk mengontrol stres dan kecemasan. Sebelum pertandingan, buang semua pikiran negatif seperti ketakutan akan kegagalan atau memori akan kesalahan yang dilakukan dalam pertandingan sebelumnya.

Cobalah untuk fokus pada kekuatan anda. Jika pada hari-hari sebelum pertandingan anda pernah bermain dengan sangat baik, cobalah untuk menarik (memanggil) kembali perasaan itu.

Bayangkan diri anda dapat melakukan semuanya dengan baik, mulai dari dapat memukul bola dengan jarak yang jauh, menempatkan bola dengan akurat di area hijau, hingga dapat memimpin untuk memenangkan permainan. Dengan tingkat konsentrasi yang tepat, maka stres yang anda alami akan hilang dengan sendirinya.

Berlatihlah Secara Efektif
Jika anda cukup sering melakukan latihan dasar-dasar golf, maka secara otomatis skil anda juga akan semakin meningkat. Pergerakan fisik tubuh anda akan menjadi semakin otomatis dan strategi bermain yang baik akan menjadi sifat alami yang kedua.

Mengetahui bahwa diri anda sudah belajar golf dengan cukup akan membuat anda lebih santai pada hari pertandingan. Ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan membantu menghilangkan pikiran negatif serta stres.

Pada saat latihan golf, berpura-puralah seakan-akan ada audien (penonton) yang memperhatikan anda. Praktekkan pula teknik relaksasi anda, sehingga pada saat pertadingan anda sudah terbiasa melakukan itu semua.

Jangan Pernah Menyalahkan Diri Sendiri
Kesalahan adalah bagian yang tak terhindarkan dalam olahraga apapun. Karena itu, jangan pernah menyalahkan diri sendiri ketika anda membuat kesalahan selama pertandingan golf.

Jika anda melakukannya, maka anda justru dapat menekankan kepada diri anda sendiri untuk membuat kesalahan lebih lanjut. Anggap kesalahan adalah hal yang biasa dan fokuskan diri anda untuk memperbaikinya pada pukulan berikutnya. Ketika anda melakukan kesalahan, cobalah untuk menghirup napas dalam-dalam dan tempatkan kembali diri anda dalam pola yang benar.