6 Makanan Ini Akan Menyehatkan Otot Anda

Artikel gaya hidup sehat kali ini akan membahas tentang makanan pembentuk otot. Seperti telah anda ketahui, setiap orang, baik remaja maupun mereka yang khususnya sudah tua, memerlukan pasokan nutrisi yang baik untuk pembentukan otot selama pertumbuhan hingga menjaganya dari kehilangan massa otot akibat proses penuaan.

Mengkonsumsi cukup protein, kalium, kalsium, vitamin C, dan vitamin D setiap hari akan membantu pembentukan sel-sel otot baru dan membuat jaringan otot yang sudah ada dapat berfungsi dengan baik. Hal ini juga dapat membuat sel otot memperbaiki dirinya sendiri ketika terjadi cidera.

Dan semua unsur-unsur makanan untuk otot tersebut diketahui sama bagi siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang tua, sampai mulai dari mereka yang sehat hingga baru sembuh dari cidera atau menjalani operasi. Lalu apa sajakah makanan penambah massa otot tersebut? Dan mengapa mengurangi kalori dari lemak dapat mempertahankan otot lebih baik daripada menambah asupan lemak ke jaringan tubuh?

makanan-makanan yang menyehatkan otot

Makanan Sehat Untuk Membentuk Otot


Ikan Tuna

Daging tuna mengalahkan daging sapi dalam total keseluruhan nutrisi yang dapat menyehatkan otot. Walaupun sepotong steak daging sapi mempunyai beberapa gram protein dan miligram kalium lebih banyak daripada 1 kaleng tuna, namun tuna kalengan hanya mengandung lemak dibawah 1 gr.

Bandingkan dengan sepotong daging sapi yang mengandung hingga 10 gr lemak, yang akan dikonversi menjadi setengah kalori / porsinya.

Keju Cottage

Untuk kandungan protein tinggi dan rendah lemak, keju ini tidak hanya mengalahkan daging sapi, namun juga lebih baik daripada daging ikan untuk nilai nutrisi bagi otot. 1 porsi keju cottage dapat memenuhi hingga setengah dari kebutuhan protein dalam sehari, dengan total lemak dibawah 1/3 dari total lemak yang terkandung dalam 85 gr daging sapi.



Kacang Navy

Kacang ini adalah sumber utama dari protein nabati. Kandungan kalsium dalam kacang navy dan kacang-kacangan lainnya diketahui dapat merangsang kontraksi otot (termasuk otot jantung), sedangkan kandungan kaliumnya akan merilekskan kontraksi otot dan membentuk sel-sel otot baru.

Selain kacang kedelai, aneka kacang putih termasuk kacang navy diketahui memiliki kandungan kalsium paling tinggi jika dibandingkan dengan jenis kacang-kacangan yang lain. 1 cangkir kacang navy juga hanya mengandung sekitar 1 gr lemak.

Tomat

Buah tomat menyehatkan otot karena mengandung kalium sekaligus vitamin yang dibutuhkan otot. Satu cangkir tomat cincang menyediakan 11% dari kebutuhan harian kalium yang disarankan, lebih dari 50% dari kebutuhan vitamin C harian, dan sangat rendah lemak serta kalori.

Kandungan kalium juga akan meningkat hingga 2 kali jika buah tomat dimasak, namun proses pemanasan akan mengurangi kadar vitamin C-nya.

Buah Jeruk

Buah ini adalah sumber vitamin C yang luar biasa serta mengandung cukup  kalium. Satu cangkir buah jeruk mencukupi lebih dari 100% akan kebutuhan vitamin C harian yang membantu otot serta jaringan ikat dalam memperbaiki dirinya sendiri. Selain itu, jeruk juga diketahui mengandung kalsium.

Susu

Mencukupi kebutuhan kalsium harian adalah hal penting yang harus dilakukan untuk menjaga fungsi otot tetap sehat. Meminum 1 cangkir susu setiap selesai makan dapat memasok jumlah kalsium, protein, vitamin D, dan kalium secara signifikan bagi tubuh.

Usahakan untuk memilih dan mengkonsumsi susu dengan kandungan 1% lemak, dan kalau tidak ada maka pilih susu yang bebas lemak (fat free).

Itulah tadi enam makanan yang menyehatkan otot dan dapat membantu anda untuk membesarkan otot, serta menjaga otot anda tetap dalam keadaan sehat dan baik. Jika anda mengkonsumsinya secara baik dan melakukan latihan secara teratur, maka bentuk tubuh yang anda idamkan bukanlah sebuah hal yang mustahil. Semoga bermanfaat!

0 Komentar

Posting Komentar