5 Hal Yang Harus Diketahui Tentang Shampo Bayi

Mungkin selama ini anda mengira bahwa shampo bayi hanya baik bagi bayi, atau semua shampo bayi pasti aman, atau sangkaan-sangkaan lain yang sebenarnya tidak semuanya benar. Kali ini Gaya Hidup 99 akan menginformasikan 5 hal yang harus anda ketahui tentang shampo bayi:

hal yang harus diketahui tentang sampo bayi

Fakta Dan Manfaat Shampo Bayi


1. Tidak Hanya Untuk Bayi

Shampo bayi tidak hanya baik untuk bayi. Orang dewasa juga bisa menggunakan shampo bayi, apalagi shampo bayi biasanya tidak perih di mata. Shampo ini juga sangat bagus untuk hewan peliharaan seperti anjing dan kelinci.

Namun perlu diingat, walaupun shampo bayi juga baik untuk orang dewasa, namun jangan pernah menggunakan shampo orang dewasa untuk mengkeramas rambut bayi. Pilihlah shampo berkualitas tinggi yang memang khusus dibuat untuk bayi yang memang mempunyai kulit sangat halus.

2. Bahan Kimia Dalam Shampo Bayi

Sejumlah produk perawatan bayi seperti sabun, shampo, dan bedak biasanya mengandung senyawa kimia yang disebut phthalates. Senyawa ini dapat membuat stabil wewangian yang biasanya terdapat dalam kosmetik dan shampo, serta dapat membuat plastik menjadi lebih fleksibel (seperti pada mainan anak).

Ketika bayi menggunakan produk-produk yang mengandung senyawa ini, maka tidak lama setelah menggunakan - air kencing bayipun akan mengandung senyawa ini. Banyak ilmuwan yang mengkhawatirkan jika senyawa phthalates dapat menyebabkan gangguan reproduksi pada saat bayi tumbuh dewasa nanti.

Namun walaupun demikian, badan obat dan makanan mengklaim bahwa belum ada bukti masalah jangka panjang akibat paparan phthalates.


3. Makanan Kulit

Karena sifat kulit yang memang akan menyerap apa saja yang kita oleskan diatasnya, maka sangat penting untuk hanya menggunakan produk-produk yang benar-benar aman. Bayi memiliki sistem yang lebih kecil, kulit bayi juga jauh lebih halus, karena itu kulit bayi dapat menyerap bahan kimia lebih banyak daripada kulit orang dewasa.

Ketika anda hendak mencari produk shampo bayi, pastikan anda membaca bahan bakunya lebih seksama. Jangan pernah pilih shampo bayi yang mengandung bahan pengawet, pewarna, aroma, paraben, petrokimia, atau agen berbusa sintesis. Usahakan untuk mencari shampo bayi yang kesemua bahannya adalah alami.

4. Tips Menyampo Bayi

Biasanya anak kecil sangat enggan jika tau anda hendak mengkeramas rambutnya. Hal ini biasanya karena mereka merasa tidak nyaman dengan hal itu. Ketika ini terjadi, cobalah untuk berbicara dengan lembut dan menyenangkan.

Hindari menyiramkan air melewati matanya ataupun merendam telinganya dalam air. Lakukan semuanya dengan lembut. Sangat disarankan untuk membilasnya dengan menggunakan tangan daripada menyiramkan air dengan dengan centong. Ini dapat lebih memudahkan anda untuk menghindari air melewati mata dan lubang telinga anak bayi.

5. Kegunaan Lain Shampo Bayi

Selain dapat anda gunakan untuk mengeramas rambut anda sendiri, kegunaan shampo bayi yang lain adalah dapat dipakai untuk mencuci pakaian yang terbuat dari bahan yang halus. Beberapa shampo bayi juga ada yang mengandung bahan minyak mineral yang dapat dimanfaatkan untuk mencuci mobil dan membersihkan bahan dari kayu atau kulit.

Shampo ini juga diketahui cocok untuk membersihkan noda-noda kecil pada karpet. Gunakan sedikit saja agar tidak terlalu banyak berbusa, lalu biarkan kering dan segera vakum sesudahnya.

1 Komentar: