Pilihan Makanan Yang Sehat Bagi Seorang Pesenam

Senam termasuk dalam jenis olah raga kompetitif yang intens membutuhkan kecepatan, kelincahan, stamina, dan sedikit keberuntungan. Dan seperti semua atlet olah raga fisik lainnya, pesenam juga perlu untuk memperhatikan pola dan menu makanan sehat yang dapat menunjang prestasinya.

Menu makan sehat dapat membuat waktu pemulihan bagi otot setelah latihan menjadi lebih cepat, mengganti energi yang terbuang juga lebih cepat, dan dapat membuat anda melangkah dengan yakin saat memasuki matras.

Masih berkaitan dengan artikel "5 makanan pokok yang wajib setiap hari", pesenam juga harus mengkonsumsi makanan-makanan tersebut, hanya porsi dan pilihannya saja yang sedikit berbeda. Lalu seperti apa makanan yang sehat bagi pesenam?

makanan yang sehat bagi seorang pesenam

Makanan Yang Baik Bagi Pesenam


Jenis Karbohidrat Bagi Pesenam

Karbohidrat adalah sumber bahan bakar utama yang diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan energi, bukan saja untuk atlet tapi bagi semua orang. Khusus bagi pesenam, saat melakukan latihan ataupun sedang dalam kompetisi, cadangan karbohidrat yang tersimpan dalam bentuk glikogen otot akan ikut terpakai.

Glikogen ini sangat penting bagi atlet yang memerlukan semburan energi pendek dan intens bagi kerja fisik seperti yang dibutuhkan para pesenam.

Menurut Colorado State University Extension, seorang atlet harus mengkonsumsi 50% dari keseluruhan kalori dimakan dalam bentuk karbohidrat. Makanan-makanan sehat yang dapat memenuhi kebutuhan ini antara lain adalah kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan segar, produk susu rendah lemak, dan biji-bijian.

Kebutuhan Protein Untuk Pesenam

Tidak peduli spesialisasi anda adalah pada palang bertingkat ataupun pada kuda-kuda, kedua cabang olahraga ini memerlukan kerja otot yang cukup luar biasa. Karena itu, anda sangat memerlukan protein untuk pertumbuhan, pengembangan, maupun perbaikan otot.

Beberapa jenis makanan diketahui mengandung protein yang sangat baik, namun disisi lain juga mempunyai kandungan lemak yang merugikan, contohnya adalah daging.

Pesenam harus pintar memilih jenis makanan sumber protein yang sesedikit mungkin mengandung lemak jenuh. Beberapa makanan tersebut antara lain adalah tahu, tempe, dada ayam (khususnya ayam kampung), kacang-kacangan, dan ikan.

Kebutuhan Lemak Buat Pesenam

Banyak atlet yang mengira bahwa semua jenis lemak adalah buruk dan dapat menambah berat badan. Dan hal ini banyak dihindari, khususnya bagi pesenam yang memang harus menjaga bentuk tubuh mereka. Namun menghindari lemak adalah hal yang tidak sepenuhnya benar.

Kekurangan lemak akan membuat kinerja otot dan keseluruhan kesehatan akan berkurang. Anda tetap membutuhkan lemak, tapi pilihlah jenis lemak sehat seperti lemak tak jenuh tunggal dan lemak tak jenuh ganda. Beberapa makanan yang kaya akan kedua jenis lemak tersebut antara lain adalah ikan salmon, kacang almond, minyak zaitun, dan kacang kedelai.

Asupan Kalsium Penting Untuk Pesenam

Kalsium adalah kebutuhan nutrisi vital yang sangat diperlukan oleh pesenam. Kerangka tulang yang sehat dan kuat adalah salah satu modal penting yang menunjang prestasi seorang pesenam. Karena itu, kecukupan akan kalsium harus sangat diperhatikan jika ingin menjaga kesehatan dan kekuatan tulang.

Beberapa jenis makanan sehat yang dapat dijadikan sebagai sumber kalsium antara lain adalah keju cottage, kacang kenari, susu skim, yogurt rendah lemak, dan bayam.

0 Komentar

Posting Komentar