Misteri Menakjubkan Gelas Fleksibel

Anda tentu paham jika kaca bukanlah batu berlian yang sangat keras. Kaca adalah bahan yang rapuh dan mudah sekali untuk pecah.

Namun bayangkan jika ada gelas kaca yang bukan saja tidak bisa pecah, namun gelas tersebut juga dapat menyerap benturan, semacam bahan yang fleksibel dan tak lekang oleh waktu.

Dan hebatnya, misteri mengenai gelas fleksibel ini bukanlah terjadi pada zaman modern, namun jauh sebelum teknologi-teknologi maju ditemukan. Percaya atau tidak, bahan kaca tersebut ditemukan sekitar 1000 tahun yang lalu, dan hingga sekarang bahan serta cara membuat gelas tersebut tetap menjadi misteri.

misteri dari gelas fleksibel


Kisah Gelas Fleksibel Misterius

Kembali ke masa Romawi, ketika Tiberius Caesar sedang duduk-duduk di singgasananya, seorang rakyat jelata datang menghadap dengan membawakannya sebuah gelas kaca sederhana. Merasa tidak terkesan dengan pemberian tersebut, Tiberius lalu membanting gelas kaca itu ke lantai. Namun bukannya pecah menjadi berkeping-keping, gelas tersebut malah hanya terlihat penyok.

Merasa sangat takjub, Tiberius Caesar dan para pengawalnya hanya memperhatikan saja ketika pembuat gelas tersebut mengambil sebuah palu kecil dan memperbaiki bagian gelas yang penyok.

Setelah melihat hal tersebut, Caesar lalu bertanya siapa saja orang yang mengetahui rahasia dari bahan gelas serta cara pembuatannya. Dan dengan bangga rakyat jelata itu mengatakan bahwa hanya dia yang dapat membuat gelas fleksibel itu. Mendengar itu, Tiberius lalu memerintahkan para pengawalnya untuk mengeksekusi pria malang tersebut.

Apa yang dilakukan oleh Tiberius Caesar pada masa itu tentu telah merusak sebuah penemuan yang kemungkinan besar dapat merubah dunia. Namun keputusan yang diambil oleh Caesar didasarkan atas kekhawatirannya terhadap 'bahan ajaib' pembuat gelas fleksibel itu dapat merusak harga emas dan perak. Hingga kini bahan campuran pembuat gelas dan teknik pengerjaannya tetap menjadi misteri yang tak terpecahkan. Bagaimana menurut anda?