Cara Menebalkan Dan Menguatkan Rambut

Rambut di kepala anda akan tumbuh secara bertahap yang berlangsung selama 3 sampai 5 tahun, kemudian secara alami rambut tersebut akan rontok.

Periode terpanjangnya adalah ketika rambut pertama kali tumbuh, kemudian akan memasuki fase istirahat selama beberapa bulan, dan sebagian besar diantaranya akan mengalami kerontokkan (lihat Cara Tercepat Meningkatkan Pertumbuhan Rambut untuk memahami fase-fase pertumbuhan rambut tersebut).

Lalu, bagaimana cara menebalkan dan menguatkan rambut? Anda dapat melakukan beberapa langkah untuk membuat rambut tumbuh lebih tebal dan kuat. Dan seperti biasa, Gaya Hidup 99 akan membagikan tips yang juga cukup sederhana dan tidak merepotkan, namun tetap dijamin efektif.

cara menebalkan dan menguatkan rambut

Cara Menebalkan Rambut Secara Alami


Langkah 1

Pijat kulit kepala anda untuk meningkatkan sirkulasi darah di area tersebut. Taruh ujung jari tangan anda di kulit kepala, tekan sedikit, kemudian lakukan pijatan dengan gerakan melingkar secara perlahan.

Ingat! Yang harus digerakkan adalah kulit kepala anda, jadi ujung jari anda tetap menempel pada tempatnya. Lakukan selama kurang lebih 5 detik, kemudian pindah jari anda ke posisi yang lain. Lakukan hingga seluruh kulit kepala rata mendapat pijatan.

Langkah 2

Selanjutnya, gosok kulit kepala dengan ujung jari-jari anda. Jalankan jari tangan anda pada kulit kepala di antara helai-helai rambut (dengan gerakan lurus). Lakukan terus hingga kulit kepala terasa hangat dan geli. Kemudian pindah posisi jari hingga seluruh bagian kulit kepala rata mendapatkan gosokan.



Langkah 3

Konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi untuk kesehatan rambut seperti protein, vitamin A, dan vitamin D. Vitamin A bisa anda dapatkan dengan mengkonsumsi sayuran kuning, hjau, dan buah-buahan. Vitamin D bisa didapatkan dari susu dan produk-produk yang terbuat dari susu. Sedangkan sumber protein yang baik untuk pertumbuhan rambut termasuk ikan-ikanan dan kacang kedelai.

Langkah 4

Anda juga dapat menambahkan untuk mengkonsumi suplemen biotin, B6, dan asam folat. Selain itu, beberapa mineral tertentu juga diketahui sangat berperan untuk menebalkan dan menguatkan rambut. Mineral-mineral tersebut antara lain adalah belerang, seng, magnesium, dan silika.

Tips Dan Peringatan

Lakukan perawatan minyak panas secara rutin setiap minggu. Minyak alami seperti minyak zaitun dapat membantu melindungi folikel rambut dan mencegah terjadinya kerontokkan dini.

Hindari pemakaian produk-produk rambut yang mengandung bahan kimia berbahaya. Juga minimalisir penggunaan alat pengering rambut dengan udara panas serta jangan terlalu sering mencatok rambut. Jika anda bisa menjalankannya dengan baik, maka cara menebalkan rambut yang telah diuraikan diatas akan benar-benar memberikan hasil yang memuaskan. Selamat mencoba!