Makanan Yang Menyebabkan Mata Bengkak

Apakah anda pernah mempunyai pengalaman mata terlihat bengkak / sembab saat bangun di pagi hari? Yah.., masalah kantung mata bengkak yang dalam bahasa inggris disebut dengan istilah puffy eyes ini mungkin pernah dialami oleh sebagian dari anda.

Mata bengkak / sembab terjadi karena menumpuknya cairan di sekitar kulit mata ketika anda tidur malam. Penyebabnya bisa jadi dikarenakan oleh reaksi alergi, posisi tidur yang terlentang, kurang tidur, retensi air, atau karena faktor keturunan.

Dan karena retensi air termasuk dalam faktor penyebab, maka makanan-makanan tertentu bisa memegang peran utama terjadinya puffy eyes ini. Di bawah ini Gaya Hidup 99 akan menjelasakan kepada anda apa sajakah makanan yang menyebabkan mata bengkak ini.

makanan penyebab mata bengkak sembab

Penyebab Mata Bengkak

Makanan-Makanan Asin
Makanan asin atau makanan yang mengandung sejumlah besar garam adalah penyebab utama terjadinya mata bengkak ini. Tubuh anda memang membutuhkan natrium (garam), namun sistem tubuh anda akan selalu memeriksa keseimbangan rasio antara air dan natrium ini sebelum mengizinkan ginjal untuk mengeluarkannya.

Dan banyak mengkonsumsi makanan asin akan merusak keseimbangan ini, sehingga tubuh anda akan mempertahankan untuk tidak membuang cairan dari tubuh anda sebelum keseimbangan tersebut pulih. Salah satu akibat yang ditimbulkan dari keadaan tersebut adalah mata bengkak / sembab yang anda alami. Karena itu bijak-bijaklah dalam mengkonsumsi makanan-makanan yang anda ketahui memiliki kandungan natrium tinggi.


Minuman Berkafein
Seperti yang telah dijelaskan dalam artikel sebelumnya, kafein juga mungkin memiliki peranan sebagai penyebab kelopak mata bengkak / sembab yang anda alami. Kafein diketahui dapat mengganggu keteraturan sistem ekskresi tubuh anda karena bersifat diuretik.

Terlalu banyak kafein akan membuat anda sering buang air kecil, sehingga keseimbangan akan terganggu, dan tubuh akan mempertahankan cairan yang ada dalam tubuh anda, salah satu hasilnya adalah mata bengkak di pagi hari.

Jika masalah mata bengkak / sembab yang anda alami cukup parah, maka sebaiknya kurangi asupan kafein anda dengan beralih ke kopi, teh, atau softdrink tanpa kafein. Kurangi secara bertahap selama beberapa minggu dan jangan tiba-tiba berhenti mengkonsumsi kafein, karena itu akan membuat anda cepat merasa letih (kurang energi).

Minuman Beralkohol
Mengkonsumsi minuman beralkohol juga merupakan penyebab terjadinya mata bengkak / sembab yang anda alami. Dan jika terlalu banyak, maka bukan mata anda saja, namun seluruh wajah anda juga dapat terlihat bengkak keesokan harinya. Seperti kafein, alkohol juga menyebabkan tubuh anda untuk mempertahankan cairan.

Ketika retensi air terjadi, cairan tidak akan mengalir dari wajah anda sebagaimana mestinya. Membuat posisi kepala lebih tinggi ketika anda tidur mungkin dapat sedikit mengatasi masalah pada sekitar mata anda. Namun hal ini tidak akan benar-benar dapat mengatasi masalah hingga anda memperbaiki pola makan anda.

Solusi Untuk Mengatasi Mata Bengkak

Minum air putih dalam jumlah banyak ketika anda mengkonsumsi kafein, alkohol, atau makanan-makanan asin. Ini dapat membantu tubuh untuk melepaskan kelebihan air yang menyebabkan mata menjadi bengkak / sembab. Batasi konsumsi makanan asin serta perbanyak mengkonsumsi makanan-makanan segar seperti buah dan sayur-sayuran. Selain itu, pastikan untuk menjalani pola hidup sehat dan mendapatkan tidur malam yang cukup antara 7 - 8 jam.

0 Komentar

Posting Komentar