Suka Makanan Asin? Pilih Yang Sehat Berikut Ini!

Seperti telah anda ketahui, selain memberikan rasa gurih pada makanan, garam juga mempunyai reputasi yang buruk bagi tubuh. Terlalu berlebihan mengkonsumsi garam dapat meningkatkan resistensi air, meningkatkan tekanan darah, dan membuat ginjal bekerja lebih keras.

Namun walaupun begitu, sekali-sekali anda pasti memiliki keinginan untuk memakan camilan-camilan yang asin. Dan ketika keinginan itu menyerang, jangan terburu-buru untuk mengambil keripik kentang dan sejenisnya. Tips gaya hidup sehat kali ini akan menginformasikan jenis-jenis makanan asin yang dapat anda jadikan pilihan.

Karena memang sebenarnya ada camilan-camilan asin yang tidak saja dapat memuaskan keinginan anda akan rasa asin, namun juga cukup sehat untuk dikonsumsi. Berikut ini adalah makanan-makanan asin yang sehat dan bisa anda konsumsi tanpa terlalu merasa kuatir.

makanan asin yang sehat

Camilan Asin Yang Aman Dikonsumsi


Keju Cottage

Secara umum keju tidak saja tinggi akan kandungan natrium, keju juga merupakan sumber lemak jenuh dan kalori. Namun sedikit berbeda dengan keju cottage, walaupun juga tinggi akan kandungan natrium, keju ini dapat memberikan keuntungan lebih dari segi gizi.

Dalam 2% lemak susu keju cottage diketahui mengandung kalsium, fosfor, kalium, asam folat, dan vitamin A. Sedangkan keju lainnya secara umum hanya mengandung kalium dan asam folat yang sangat sedikit.



Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian diketahui mengandung lemak tidak jenuh yang menyehatkan, termasuk di dalamnya adalah asam lemak omega-3. Selain itu, kedua makanan ini juga mengandung vitamin E, serat, dan l-arginin, yaitu zat yang membantu dalam pembekuan darah.

Biji bunga matahari kaya akan vitamin E dan selenium, sedangkan biji labu merupakan sumber kalium yang sangat baik. Untuk asam lemak omega-3, anda dapat memperolehnya dari biji rami dan biji chia.

Ketika hendak membeli kuaci, pastikan untuk memilih yang tidak terlalu asin (lihat pada label kemasan). Dengan begini, anda tetap dapat memuaskan hasrat akan rasa asin namun tidak merasa kuatir mengkonsumsi natrium berlebihan.

Popcorn (Berondong Jagung)

Kunci untuk mendapatkan popcorn yang sehat adalah dengan tidak menggunakan mentega ketika membuatnya. Pilihlah jagung popcorn yang kering, bukan yang dalam kemasan dan telah dicampur mentega. Sedangkan untuk membuatnya, pilihlah untuk menggunakan oven ketimbang penggorengan.

Dengan oven, anda tidak perlu menambahkan minyak atau mentega. Taburkan sedikit garam atau keju parmesan untuk membuatnya terasa gurih dan memuaskan keinginan anda akan rasa asin. Membuat popcorn yang seperti ini memberikan anda pilihan camilan asin yang rendah kalori, tinggi serat, dan sumber energi yang baik.

0 Komentar

Posting Komentar