Dapatkah Sauna Menghilangkan Kulit Keriput?

Kali ini kembali Gaya Hidup 99 akan membahas mengenai manfaat mandi sauna. Dalam artikel sebelumnya tentang manfaat sauna bagi kulit, anda sudah disajikan informasi tentang berbagai keuntungan yang dapat diperoleh kulit dengan melakukan sauna.

Semua orang tentu paham jika keriput pada kulit pasti akan terjadi seiring bertambahnya usia. Namun seperti kebanyakan orang yang lainnya, anda mungkin mencari cara untuk mengurangi munculnya keriput dan kalau bisa mencegahnya untuk muncul.

Walaupun tujuan utama mandi sauna setelah melakukan olahraga adalah untuk merevitalisasi dan merilekskan diri, namun ada keuntungan lain yang akan diperoleh oleh kulit. Lalu, apakah sauna dapat menghilangkan keriput pada kulit?

mandi sauna untuk menghilangkan keriput

Penjelasan Mengenai Keriput Dan Efek Mandi Sauna


Mengenai Keriput

Kulit keriput pasti terjadi seiring bertambahnya usia. Dan dalam kebanyakan kasus, tidak ada terlalu banyak hal yang dapat dilakukan untuk mencegah ataupun menghilangkannya. Faktor genetik dan intensitas terkena paparan sinar matahari tanpa perlindungan diketahui sebagai 2 penyebab utama munculnya keriput.

Faktor lain yang juga diketahui mempunyai peranan besar adalah faktor lingkungan seperti polusi, asap rokok, dan menu makan yang buruk. Dan kabar baiknya, munculnya keriput pada kulit dapat diperlambat atau dikurangi dengan lotion, krim, dan metode dermatologis tertentu.

Efek Mandi Sauna

Duduk di dalam ruangan sauna diketahui mempunyai potensi untuk mengurangi munculnya keriput pada kulit, walaupun efeknya mungkin bersifat sementara. Cara kerja sauna sendiri adalah dengan memanaskan sebuah ruangan kecil dengan suhu sangat tinggi, kemudian menurunkan tingkat kelembaban hingga panasnya dapat tertahankan dan aman.

Panas dalam ruangan sauna akan membuat otot menjadi rileks, membantu mengeluarkan racun pada kulit yang menjadi penyebab keriput, dan uapnya dapat menembus kulit sehingga penampilan keriput berkurang.

Rekomendasi dan Pertimbangan

Mandi sauna dipercaya sebagai salah satu cara merawat kulit secara alami yang dapat mengurangi munculnya keriput. Melakukan mandi sauna secara rutin dapat membuat penampilan anda selalu tampak awet muda.

Sangat disarankan agar mandi dengan air dingin setelah melakukan sauna untuk membantu merevitalisasi kulit. Mengoleskan krim pelembab pada kulit setelah melakukan sauna juga merupakan hal yang disarankan untuk mengunci kelembaban dan mengurangi munculnya garis-garis halus. Efek yang sama juga bisa didapatkan dengan mengoleskan baby oil.

Penting untuk diingat bahwa jangan terlalu lama berada dalam ruangan sauna (10 sampai 12 menit adalah waktu yang disarankan). Terlalu lama berada dalam ruangan sauna diketahui malah dapat membuat kulit menjadi kering, yang justru memicu munculnya garis-garis halus pada kulit. Jangan lupa juga untuk minum cukup air setelah mandi sauna guna mengganti cairan tubuh yang hilang. Tubuh yang terhidrasi dengan baik adalah salah satu faktor yang mengurangi munculnya keriput.

0 Komentar

Posting Komentar