Berapa Banyak Kalori Yang Terbakar Dalam Ruang Sauna?

Menurut Harvard Health Publications, melakukan mandi sauna dapat membantu membuat anda rileks dan meningkatkan perasan tenang. Duduk di dalam ruangan sauna akan membuat jantung anda berdenyut 30% lebih cepat.

Dan untuk menjawab pertanyaan berapa banyak kalori yang terbakar dalam ruang sauna, berdasarkan keterangan yang Gaya Hidup 99 baca, dikatakan bahwa kalori yang terbakar hampir sama dengan seperti anda melakukan lari sejauh 5 km.

Cukup luar biasa bukan? Mari kita membahasnya lebih jauh lagi.

kalori yang terbakar dalam ruang sauna

Manfaat Sauna


Sauna Mendorong Metabolisme

Suhu ekstrim seperti suhu panas dalam ruang sauna dikatakan dapat meningkatkan metabolisme tubuh anda hingga 20%. Berdasarkan pernyataan Chyntia Phillips dalam bukunya yang berjudul "100 Ways to Supercharge Your Metabolism", melakukan satu sesi sauna selama 30 menit dapat membuat anda membakar hingga 300 kalori tubuh.

Dan efek dari meningkatnya metabolisme tubuh ini dapat berlangsung hingga 3 jam sesudah anda melakukan sauna. Hal ini memungkinkan terjadinya pembakaran kalori lebih lanjut lagi.


Sauna Menginduksi Keringat

Masih dari buku yang sama, Phillips juga mengatakan bahwa efek dari meningkatnya metabolisme termasuk diantaranya adalah berkeringat. Duduk dalam ruang sauna selama 30 menit akan menghasilkan keringat yang sama banyaknya seperti anda berlari sejauh 10 km. Jadi dari keringat saja anda dapat kehilangan berat badan hingga hampir 0,5 kg.

Tindakan Pencegahan Yang Diperlukan


Harvard Health Publications melaporkan bahwa, walaupun sauna memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan termasuk mengurangi tingkat stres dan sepertinya aman-aman saja, namun tetap disarankan untuk melakukan tindakan pencegahan.

Minuman alkohol dan obat-obatan tertentu diketahui dapat mengurangi kemampuan tubuh anda untuk berkeringat. Dan ini juga akan membuat tubuh anda akan sulit untuk mendinginkan kembali tubuh anda secara normal.

Hindari konsumsi alkohol dan obat-obatan jika anda ingin melakukan sauna. Jangan lupa untuk minum 2 sampai 4 gelas air setelah anda melakukan sauna, serta jngan melakukan sauna jika anda tidak dalam keadaan fit (sedang sakit). Penting untuk diperhatikan! Jika anda tiba-tiba merasa kurang baik saat berada dalam ruang sauna, maka segeralah keluar dan jangan meneruskan untuk melakukan sauna setelahnya.

Baca juga artikel terkait berikut:

0 Komentar

Posting Komentar