Apakah Sauna Setelah Latihan Membantu Membakar Lemak?

Kembali Gaya Hidup 99 akan membahas tema tentang manfaat mandi sauna. Anda mungkin pernah berpikiran untuk melakukan sauna setelah selesai latihan / olahraga guna mempercepat penurunan berat badan. Menurut para ahli, melakukan mandi sauna setelah latihan bisa membuat daya tahan anda meningkat, dan ini sangat berguna bagi anda dalam melakukan aktifitas selanjutnya.

Mandi sauna juga sangat baik untuk kulit karena sauna dapat membantu menghilangkan keriput. Namun apakah sauna setelah latihan membantu membakar lemak? Belum ada bukti ilmiah yang mendukung tentang hal ini. Bahkan anda disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, karena terkena panas tinggi setelah berolahraga bisa jadi berbahaya bagi sebagian orang.

mandi sauna setelah latihan

Keuntungan dan Pertimbangan

Duduk dalam ruangan sauna yang panas akan meningkatkan suhu tubuh anda. Hal ini akan membuat denyut jantung meningkat, sirkulasi darah meningkat, dan tekanan darah menjadi turun. Perubahan yang terjadi dalam tubuh ini dapat meningkatkan energi anda (dapat melakukan lebih banyak aktifitas) yang dapat menjadi salah satu cara menurunkan berat badan.

Namun penting sekali untuk dipahami bahwa melakukan mandi sauna setelah latihan tidak dapat membakar lemak tubuh anda. Penurunan berat badan yang terjadi setelah anda melakukan sauna adalah karena cairan tubuh yang terkuras akibat panas sauna. Dan anda harus segera mengganti cairan tubuh yang hilang tersebut jika tidak ingin mengalami dehidrasi.



Potensi Fungsi Sauna

Melakukan mandi sauna setelah latihan sangat mungkin untuk dapat meningkatkan performa / kinerja anda. Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Otago di New Zealand, dimuat dalam "Journal of Sports Science and Medicine" tahun 2007, melakukan sauna setelah latihan dapat meningkatkan daya tahan tubuh dalam berlari.

Ketika anda berlari lebih lama, maka ini secara pasti akan membuat pembakaran lemak di tubuh menjadi lebih banyak, hasil akhirnya adalah penurunan berat badan yang lebih cepat.

Peringatan Melakukan Sauna Setelah Latihan

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum memutuskan untuk menggunakan sauna setelah latihan. Kebanyakan dokter akan menyarankan untuk tidak melakukan sauna setelah melakukan olahraga atau jenis latihan yang berat, karena sangat berpotensi memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan.

Dalam "Annals of Internal Medicine" edisi 1994, telah diperingatkan tentang potensi bahaya sauna dan latihan fisik yang intens. Sebuah kasus pernah dilaporkan tentang seorang pria sehat yang mengalami dehidrasi akut dan gagal jantung setelah sebelumnya melakukan latihan fisik yang intens lalu melakukan sauna selama 15 menit.

0 Komentar

Posting Komentar