Suplemen Yang Membantu Penyembuhan Piercing

Body piercing atau tindik tubuh mungkin bukanlah hal baru, sejarah manusia telah mencatat bahwa menindik bagian tubuh sudah dilakukan oleh manusia sejak ribuan tahun lalu. Dan dengan berkembangnya fashion saat ini, seni menindik tubuh juga mengalami perkembangan, serta tidak dapat dipisahkan dari bagian gaya hidup moderen. Bahkan sebagian diantaranya dapat dikatakan ekstrim.

Karena itu, penting sekali untuk mengetahui bagaimana caranya agar kulit yang dilubangi untuk mencatolkan perhiasan tersebut dapat cepat sembuh dan tidak menjadi infeksi. Dalam hal ini adalah dengan mengkonsumsi suplemen untuk membantu penyembuhan dari dalam. Suplemen untuk membantu penyembuhan piercing diketahui harus memiliki beberapa fungsi berikut:

suplemen yang mempercepat kesembuhan piercing

Agar Luka Piercing Cepat Sembuh


Suplemen Yang Membantu Produksi Kolagen

Untuk diketahui bahwa sebagian besar kulit dan seluruh jaringan ikat pada tubuh terbentuk dari protein berserat yang disebut dengan kolagen. Setiap kali kulit terluka (terpotong, tergores, ataupun ditindik), tubuh akan memproduksi kolagen untuk mempercepat proses kesembuhan.

Dan yang dapat meningkatkan produksi kolagen pada tubuh tersebut adalah vitamin C dan zat seng (zinc). Dosis umum untuk vitamin C adalah 1000 mg/hari, dapat dikonsumsi langsung sekaligus ataupun 2 kali konsumsi. Sedangkan untuk zinc, mengkonsumsi 10 sampai 30 mg/hari cukup untuk mempercepat penyembuhan.

Suplemen Yang Memperlancar Aliran Darah

Darah membantu menyalurkan oksigen, nutrisi, dan sel darah putih yang melindungi terhadap infeksi dan mempercepat kesembuhan luka. Karena itu, anda dapat mencari suplemen yang bisa membantu melancarkan aliran darah.

Salah satunya adalah arginin, yaitu senyawa asam amino yang biasa digunakan untuk melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, sebuah jurnal kesehatan yang diterbitkan tahun 2005 juga mencatat bahwa suplemen arginin mempunyai peranan dalam produksi kolagen.

Suplemen Agen Anti Peradangan

Inflamasi atau peradangan adalah reaksi kompleks alami yang akan dilakukan tubuh untuk melindungi diri dari patogen. Walaupun reaksi inflamasi pada setiap orang bisa jadi berbeda, namun sama-sama mengurangi peradangan pada luka diketahui dapat mempercepat proses penyembuhan.

Salah satu suplemen herbal yang diketahui mujarab untuk mengurangi peradangan adalah ekstrak kunyit. Dosis umum biasanya 500 mg dan diminum 3 kali sehari. Atau anda dapat juga memarut sedikit kunyit dan mengoleskannya langsung pada lubang piercing / tindikan.

Walaupun semua informasi mengenai tips mempercepat kesembuhan luka piercing yang disampaikan diatas adalah valid dan sesuai dengan aturan medis, namun anda tetap harus berkonsultasi dahulu dengan dokter sebelum memilih suplemen yang akan anda konsumsi. Karena kondisi setiap orang adalah berbeda, maka anda harus menanyakan dan meminta saran akan suplemen yang paling tepat dan cocok untuk dikonsumsi.

0 Komentar

Posting Komentar