6 Jenis Fobia Yang Menggelikan

Artikel Gaya Hidup 99 kali ini akan membahas mengenai fobia. Fobia adalah perasaan takut yang berlebihan terhadap sesuatu hal atau benda tertentu yang sebenarnya tidak menggangu atau berbahaya sama sekali.

Hal inilah yang seringkali membuat orang-orang di sekitar pengidap fobia melihatnya sebagai sebuah hal yang lucu dan tidak jarang malah berusaha menggoda para pengidap fobia tersebut. Berikut ini ada 6 jenis fobia yang menggelikan yang sepertinya sulit dipercaya akal kita.

Xanthophobia - Fobia Warna Kuning

xanthophobia takut dengan warna kuning
Para penderita xanthophobia takut dengan semua hal yang berwarna kuning, baik itu bunga, cat rumah, cat mobil/motor, dan semua benda-benda lain yang mempunyai warna ini. Dalam kasus yang parah, para penderita fobia ini bahkan akan sangat ketakutan walau hanya melihat bias dari warna kuning.

Turophobia - Fobia Keju

turophobia takut dengan keju
Para penderita turophobia ini biasanya mengasosiasikan keju dengan sebuah memori traumatis. Mereka dapat berlari histeris saat melihat potongan keju. Sebagian penderita fobia ini hanya takut dengan jenis-jenis keju tertentu, namun sebagian lainnya ada yang takut dengan semua jenis keju.

Somniphobia - Takut Tertidur

somniphobia takut untuk tertidur
Somniphobia meliputi perasaan takut yang berlebihan bahkan tidak rasional untuk tidur. Mereka mungkin takut tertidur karena berpikiran mereka akan mati saat tertidur, atau mereka selalu mengalami mimpi buruk yang sama saat tidur.


Nomophobia - Takut Tanpa Cakupan Ponsel

nomophobia takut tanpa cakupan ponsel
Istilah fobia ini dikemukakan sekitar 5 tahun yang lalu ketika para peneliti menemukan fenomena banyaknya orang yang takut jika mereka tidak berada dalam cakupan ponsel. Hal yang ditakutkan oleh para penderita fobia ini adalah apabila baterei ponsel mereka habis, tidak mendapatkan sinyal, atau bahkan tidak dapat melihat langsung ponsel mereka.

Ombrophobia - Takut Terhadap Hujan

ombrophobia takut terhadap hujan
Para penderita fobia ini memiliki rasa takut yang sangat berlebihan terhadap hujan, yang bahkan dapat memberikan serangan rasa cemas yang parah. Fobia ini dipercaya dipicu oleh sejumlah faktor, termasuk kebiasaan para orang tua yang selalu mengingatkan untuk tidak keluar saat hujan karena bisa membuat sakit. Hujan juga sering diasosiasikan dengan perasaan depresi.

Papaphobia - Takut Terhadap Sri Paus

papaphobia takut terhadap paus
Fobia ini mungkin jarang, tapi tidak sedikit orang yang memiliki fobia terhadap Sri Paus. Para peneliti percaya bahwa fobia ini erat dengan jenis fobia lain yang disebut dengan Hierophobia (takut dengan orang-orang yang dianggap suci) dan Hagiophobia (takut dengan hal-hal atau benda yang dianggap suci). Biasanya ketakutan ini dipicu oleh sebuah trauma yang berhubungan dengan Kepausan.

Selanjutnya lihat juga 7 Jenis Fobia Yang Tidak Umum