Cara Untuk Tetap Bugar Walau Kerja Dibelakang Meja

Obesitas adalah masalah yang berkembang cukup pesat di seluruh dunia, terutama bagi negara-negara dengan perekonomian maju. Jadwal kerja yang padat seringkali memainkan peranan yang besar atas ketidakmampuan orang-orang untuk tetap selalu fit.

Bagi anda yang lebih banyak menghabiskan waktu kerja di belakang meja, mungkin akan terasa cukup sulit membuat diri anda untuk tetap aktif bergerak. Namun anda tidak perlu khawatir, karena sebenarnya ada cara untuk tetap bugar walau kerja dibelakang meja.

Beberapa langkah sederhana yang akan Gaya Hidup 99 sampaikan berikut ini dapat membantu anda mengurangi kebosanan dan akan tetap selalu dalam keadaan fit walau lebih banyak bekerja dibalik meja.

cara untuk tetap bugar walau kerja dibelakang meja

Perhatikan Makanan Anda

Langkah 1
Simpan uang anda dan kurangi asupan kalori dengan membawa bekal makan siang dari rumah. Lakukan makan siang dengan makanan cepat saji atau pergi ke rumah makan hanya pada waktu-waktu tertentu saja.

Dengan membawa bekal sendiri, anda dapat memastikan untuk mengurangi asupan lemak, gula, dan natrium (garam) dalam makanan anda. Lihat juga Mengapa Makan Siang Sangat Penting?

Langkah 2
Hati-hati dalam memilih camilan. Anda dapat memilih camilan sehat seperti buah-buahan dan yogurt. Dan ketika menjelang sore, keinginan untuk memakan camilan biasanya akan sulit untuk dibendung. Untuk mensiasatinya, anda dapat menyediakan camilan seperti kacang atau cookies dengan kemasan 100 kalori di meja kerja anda. Lihat pula Makanan-Makanan Asin Yang Sehat

Langkah 3
Minum cukup air sepanjang hari. Selain akan membatu anda untuk menghidrasi tubuh, air juga dapat mengenyangkan dan mencegah anda merasa lapar lebih cepat dari yang seharusnya. Jangan kuatir anda akan sering buang air kecil, karena ini sebenarnya sangat baik dan dapat membuat tubuh anda tetap bergerak.


Perbanyak Tingkat Aktivitas Anda

Langkah 1
Ada banyak hal yang dapat anda lakukan untuk memperbanyak aktivitas tubuh anda sebelum duduk manis dibelakang meja kerja anda. Mulai dari menggunakan tranportasi umum untuk berangkat kerja yang membuat anda melangkah lebih banyak, dan jika anda berangkat menggunakan kendaraan pribadi, maka parkir kendaraan agak jauh dari kantor. Hal sepele ini akan banyak membantu jika dilakukan secara rutin.

Langkah 2
Bangun dari kursi anda setiap diatas 30 menit dan berjalan sebentar di dalam ruangan kantor anda. Jika anda ingin berbicara dengan rekan kerja anda, maka sebaiknya datangi mejanya daripada menggunakan telepon atau chatting via chatbox. Jika anda perlu bergerak di sekitar gedung kantor, maka pertimbangkan untuk menggunakan tangga daripada menggunakan lift.

Langkah 3
Gunakan fasilitas kebugaran seperti gym atau kolam renang jika memang kantor anda berada dekat dengan salah satunya. Korbankan sedikit dari waktu makan siang anda dengan melakukan lebih banyak aktivitas fisik. Jika memang tidak ada fasilitas kebugaran apapun di sekitar kantor anda, maka anda dapat melakukan beberapa kali naik-turun tangga sebelum istrahat makan siang.

Langkah 4
Betulkan postur tubuh anda. Duduklah secara tegak dan jangan pernah membungkukkan atau menekuk badan anda.

Ada beberapa latihan peregangan sederhana yang dapat anda lakukan secara rutin dari kursi kerja anda. Regangkan leher anda dengan melihat keatas, kebawah, kekiri, dan kanan beberpa kali. Putar pergelangan tangan, pergelangan kaki, dan bahu anda setiap satu jam atau lebih.

Hal ini sangat baik untuk mencegah kondisi yang disebut dengan sindrom carpal tunnel dan pembekuan darah di kaki. Latih perut dan gluteus anda dengan cara mengkontraksikan otot-ototnya, tahan dan lepas beberapa kali.

Anda juga dapat melakukan latihan kegel untuk memperkuat otot-otot panggul anda. Hal ini juga baik untuk mencegah pembuncitan perut yang biasanya dialami oleh mereka yang banyak duduk (lihat Tips Cara Menghilangkan Perut Buncit).