7 Jenis Fobia Yang Tidak Umum

Fobia atau perasaan takut yang berlebihan terhadap sesuatu hal yang umum dan sebenarnya tidak berbahaya memang sulit untuk dipahami akan penyebabnya. Dan lucunya, seringkali orang-orang yang menderita fobia ini justru takut terhadap hal-hal yang sangat sepele seperti karet gelang, jenggot, badut, dan lain-lain.

Jika sebelumnya Gaya Hidup 99 sudah pernah menyampaikan tentang 6 jenis fobia yang menggelikan, maka kali ini saya akan menyampaikan 7 jenis fobia yang tidak umum dan cukup banyak diderita oleh orang-orang di seluruh dunia.

Coulrophobia - Takut Terhadap Badut

coulrophobia takut badut
Ini adalah jenis fobia yang relatif umum dan banyak dialami oleh anak-anak, berdasarkan hasil berbagai survey. Namun tentu akan lucu ceritanya jika yang mempunyai fobia ini adalah mereka yang sudah dewasa.

Diperkirakan salah satu penyebab dari fobia ini adalah tokoh-tokoh "badut mengerikan" yang banyak digunakan dalam budaya populer (contoh: joker dalam film Batman). Selebriti dunia yang juga ternyata memiliki fobia terhadap badut adalah Johnny Depp dan Daniel Radcliffe.


Hylophobia - Takut Terhadap Pohon

hylophobia takut pohon
Hylophobia adalah ketakutan yang tidak rasional terhadap kayu, hutan, dan pohon. Dipercaya hal ini dipicu oleh memori masa kecil ketika menonton film dan dongeng-dongeng tentang hutan yang menakutkan. Rasa takut tersebut tidak hilang walaupun mereka telah beranjak dewasa, dan fobia akan terpicu setiap kali berjalan di alam dengan pemandangan barisan pepohonan. Bahkan hanya dengan memikirkan kayu saja mereka dapat mengalami rasa cemas yang ekstrim.

Omphalophobia - Takut Terhadap Pusar

omphalophobia takut pusar
Para penderita fobia ini biasanya akan sangat takut jika pusar (udel) mereka disentuh, atau juga untuk menyentuh pusar orang lain. Ketakutan tersebut seringkali dikaitkan dengan pengasosiasian pusar dengan tali pusar dan rahim wanita. Mereka bahkan bisa merasa sangat jijik hanya dengan melihat ataupun memikirkan pusar.

Uranophobia - Takut Dengan Surga

uranophobia takut surga
Penderita fobia ini akan sangat takut dengan langit dan kehidupan setelah kematian (akhirat), bahkan walau hanya dengan memikirkannya saja. Biasanya hal ini dipicu oleh doktrin dalam agama yang mengatakan bahwa semua orang akan diadili ketika sudah meninggal nanti.

Pogonophobia - Takut Terhadap Janggut / Jenggot

pogonophobia takut jenggot
Istilah dari pogonophobia sudah digunakan sejak awal tahun 1950-an untuk menggambarkan perasaan takut yang sangat luar biasa terhadap jenggot atau janggut.

Trypophobia - Takut Dengan Lubang

trypophobia takut lubang
Penderita fobia ini sangat takut terhadap benda-benda yang memiliki lubang-lubang kecil. Mereka mengasosiasikan lubang-lubang tersebut dengan sesuatu hal yang berbahaya. Hal-hal yang seringkali ditakuti antara lain seperti sarang lebah, spon, dan tanaman yang memiliki lubang. Gejalanya meliputi rasa mual, gatal pada kulit, dan serangan panik hingga sesak napas.

Triskaidekaphobia - Takut Angaka 13

triskaidekaphobia takut angka 13
Hal ini dipicu oleh takhayul yang mengkaitkan angka 13 dengan kejadian-kejadian buruk serta menyeramkan. Mereka yang menderita fobia ini biasanya akan mati-matian untuk menghidari segala hal yang berbau angka 13.