Cara Meningkatkan IQ Anak

Tidak ada yang lebih diinginkan oleh para orangtua selain untuk memiliki anak-anak yang cerdas dan unggul demi menghadapi persaingan ketat di dunia yang global saat ini. Semua orangtua yang paham akan susahnya persaingan dalam dunia yang serba maju berusaha sedini mungkin untuk mendidik anak mereka lebih baik.

Sejak bayi anak-anak diperhatikan apakah mereka menunjukkan kelebihan tertentu atau tidak. Jika merasa bayi mereka mengalami keterlambatan dalam perkembangan, maka para orangtua juga pasti mencari tau bagaimana cara meningkatkan IQ bayi mereka.

Semua ini tentu tidak salah, majunya kebudayaan dan gaya hidup yang menyebabkan ini semua. Dan para ahli yang telah mempelajari tentang kecerdasan otak juga sudah mengeluarkan beberapa panduan mengenai ini.

tips untuk meningkatkan iq pada bayi

Tips Meningkatkan IQ Anak

Tips 1
Yang paling mendasar tentu adalah makanan otak. Karena itu, jika anda memang benar-benar sayang dengan anak anda, maka berikan mereka ASI yang cukup sesuai anjuran dokter. ASI memiliki spektrum yang penuh akan gizi seimbang yang dibutuhkan oleh bayi untuk perkembangan otak dan tubuh.

Selain itu, ASI juga akan memperkuat sistem kekebalan tubuh anak terhadap virus dan bakteri, serta menguatkan ikatan antara anak dan ibu. Penelitian telah mencatat bahwa anak-anak yang diberikan ASI yang cukup saat bayi akan memiliki IQ yang lebih tinggi dibanding dengan anak yang hanya diberikan susu formula.


Tips 2
Gendong atau gandeng anak anda dan bawa mereka berkeliling sesering mungkin. Banyak keterampilan sensorik yang dapat berkembang ketika mereka diajak berkeliling di sekitar rumah atau ketika anda mengajaknya berjalan-jalan di mall atau taman. Sensasi fisik yang dirasakannya saat anda berjalan, bolak-balik, naik-turun, sambil menggendongnya akan merangsang indera perasa dan membuat mereka merasa nyaman.

Tips 3
Sentuh dan ajak bayi anda berbicara sesering mungkin (tentunya ketika mereka tidak sedang tidur). Koneksi fisik dan afirmasi verbal seperti ini memainkan peran yang sangat besar dalam perkembangan otak. Pijat bayi juga telah terbukti sangat bermanfaat. Ini akan memberikan manfaat relaksasi, meningkatkan pencernaan, dan memaksimalkan kualitas tidur. Semua hal tersebut dikatakan dapat meningkatkan IQ anak secara maksimal.

Tips 4
Tinggal di rumah selama 6 bulan sampai 1 tahun (tidak menghabiskan waktu di kantor) jika memungkinkan. Waktu berkualitas dengan ibu dan ayah akan menciptakan perkembangan yang signifikan bagi bayi kecil mengenai perasaan aman dan konsistensi. Proses ikatan antara bayi dan orangtua, terutama ibu, merupakan hal yang sangat penting bagi perkembangan anak.

Tips 5
Putar musik yang lembut dan melodius sepanjang hari atau hingga bayi anda tertidur. Ini juga dapat digunakan sebagai cara meningkatkan IQ anak. Lagu nina bobo atau lagu anak-anak (zaman dulu) dikembangkan dengan pola nada tertentu karena alasan yang kuat. Rima dan irama dapat membantu merangsang pola pikir anak dan membantu mereka mendapatkan pemahaman yang lebih baik akan bahasa.


Artikel terkait dan yang layak dibaca juga: