Cara Tercepat Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Berdasarkan beberapa rujukan dari sumber-sumber yang memang terpercaya, dikatakan bahwa rambut yang sehat dan normal akan mempunyai kecepatan pertumbuhan sekitar 1,2 cm per-bulan. Namun hal ini tidak akan berlaku seumur hidup, dalam arti, semakin bertambahnya usia akan membuat pertumbuhan rambut juga semakin lambat.

Artikel Gaya Hidup 99 kali ini akan membahas bagaimana cara tercepat meningkatkan pertumbuhan rambut anda. Namun penting untuk dipahami bahwa yang akan dibagikan disini adalah hal yang berbeda dengan cara mengatasi rambut rontok (lihat Tips Untuk Menghentikan Rambut Rontok).

Tips kecantikan ini adalah rekomendasi yang khusus membahas cara agar rambut cepat panjang bagi orang-orang yang tidak memiliki masalah kebotakan atau kerontokan rambut.

cara meningkatkan pertumbuhan rambut

5 Cara Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Langkah 1
Sebagian besar rambut terbuat dari protein, karena itu konsumsi makanan yang kaya protein akan membantu mempercepat pertumbuhannya. Hal ini selaras dengan apa yang disampaikan oleh Hair Boutique, bahwa pola makan yang kekurangan protein secara signifikan akan memperlambat pertumbuhan rambut.


Langkah 2
Mengkonsumsi cukup air, setidaknya 8 gelas sehari. Banyak pakar kesehatan menyarankan 12 gelas untuk laki-laki dan 9 gelas untuk wanita. Air mempunyai banyak fungsi bagi tubuh, salah satunya adalah untuk menghilangkan racun dan mempercepat metabolisme. Dengan metabolisme yang baik, tubuh akan cepat memproses nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan rambut.

Langkah 3
Hindari stres sebisa mungkin. Menurut MG Hospital, rambut anda berada pada 2 fase, yaitu 90% berada pada anagen (fase pertumbuhan) dan sisanya 10% berada pada telogen (fase istirahat).

Columbia University menyampaikan bahwa tingkat stres yang berlebihan, baik fisik maupun psikis, akan mendorong rambut anda memasuki telogen (fase istirahat) lebih cepat dari seharusnya. Ini tentu akan membuat pertumbuhan rambut anda menjadi lambat.

Langkah 4
Berhenti merokok. Ternyata merokok dapat menyebabkan rambut mengalami kerontokan rambut prematur dan memperlambat pertumbuhannya. Penggunaan produk-produk tembakau dikatakan dapat menyerap nutrisi yang seharusnya diperuntukkan bagi pertumbuhan rambut.

Langkah 5
Konsumsi multivitamin yang mengandung biotin di dalamnya. Multivitamin dapat memenuhi atau melengkapi setiap kekurangan vitamin pada tubuh anda. Dan biotin atau B7 adalah vitamin yang sangat penting bagi pertumbuhan rambut. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan terjadinya kerontokan rambut.


Tips kecantikan lainnya untuk dibaca: