Cara Menghilangkan Ketombe Secara Permanen

Ketombe adalah masalah yang cukup banyak dialami oleh orang-orang di berbagai belahan dunia. Karena itu tidak heran jika informasi mengenai cara menghilangkan ketombe termasuk salah satu yang paling banyak dicari. Ini pula alasan mengapa Gaya Hidup 99 juga ingin membagikan info mengenai ketombe.

Penyebab ketombe diketahui ada beberapa macam, namun menurut seorang pakar kecantikan rambut bernama Jeanette Jacknin, ketombe paling sering diakibatkan oleh dermatitis seboroik. Hal ini terjadi karena kelenjar minyak di kulit kepala berproduksi terlalu banyak. Akibatnya, sel kulit mati dan minyak yang telah mengering serta berbentuk serpihan menjadi tedorong.

Selain menciptakan rasa gatal yang tidak nyaman, ketombe juga bisa membuat orang yang memilikinya menjadi malu. Dan berdasarkan dari beberapa literatur yang ada, kombinasi produk-produk moderen dan perawatan tradisional dianggap sebagai cara terbaik untuk mengatasinya. Lalu seperti apa caranya?

cara permanen untuk menghilangkan ketombe

Bahan Yang Dibutuhkan

Sebelum anda melakukan perawatan untuk menghilangkan ketombe, tentu ada beberapa hal yang harus anda persiapkan terlebih dahulu, yaitu seperti:
  • Sampo zinc pyrithione
  • Sampo anti ketombe yang mengandung selenium sulfida
  • Minyak vitamin E
  • Suplemen biotin
  • Suplemen vitamin A
  • Suplemen vitamin B12
  • Minyak tea tree
  • Ramuan akar burdock
  • Panci memasak
  • Saringan

Langkah-Langkah Cara Mengatasi Ketombe


Langkah 1
Pakai sampo zinc pyrithione dan sampo anti ketombe yang mengandung selenium sulfida secara bergantian setiap jadwal keramas. Saat mencuci rambut, biarkan sampo setidaknya selama 5 menit sebelum dibilas hingga bersih.

Langkah 2
Oleskan minyak vitamin E secara merata di kulit kepala. Pijat perlahan dan biarkan selama kurang lebih 10 menit agar minyak meresap sebelum dibersihkan. Fungsi dari minyak vitamin E ini adalah untuk melembutkan kulit kepala.

Langkah 3
Minum suplemen biotin, vitamin A, dan vitamin B12 setiap hari. Ikuti aturan petunjuk cara mengkonsumsinya agar dosisnya sesuai dengan yang disarankan. Menurut Jeanette, suplemen-suplemen tersebut dapat bermanfaat untuk meredakan masalah ketombe.

Langkah 4
Gunakan ramuan akar burdock. Rebus 1 setengah cangkir akar burdock dengan 4 cangkir air dalam panci memasak. Gunakan api kecil saat merebusnya hingga mendidih, kira-kira selama 20 menit. Setelah itu saring ramuan untuk diambil airnya saja, dan biarkan hingga dingin.

Gunakan ramuan ini untuk membilas rambut hingga membasahi kulit kepala. Akar burdock menghasilkan minyak yang mengandung asam lemak esensial yang dapat mengendalikan ketombe.

Langkah 5
Campurkan 2 sdt minyak tea tree dengan 1 liter air. Aplikasikan ramuan ini secara merata di kulit kepala agar meresap hingga akar rambut. Fungsi dari minyak tea tree ini adalah untuk mencegah terjadinya infeksi jamur di kulit kepala.

Bagaimana? Mudah bukan langkah-langkah menghilangkan ketombe di atas? Selamat mencoba!

0 Komentar

Posting Komentar