Cara Mengobati Jerawat Yang Meradang

Jerawat adalah suatu kondisi iritasi pada kulit yang disebabkan oleh terjebaknya sel kulit mati, kotoran, dan minyak pada pori-pori kulit. Ketika bakteri mulai bergabung, maka potensi untuk jerawat menjadi semakin meradang akan meningkat.

Jerawat akan semakin membesar dan memerah disertai rasa sakit yang cukup mengganggu (silahkan lihat Karakteristik Jerawat). Perlu untuk dipahami bahwa cara mengobati jerawat yang meradang ini cukup sensitif. Menurut Gaya Hidup 99 sendiri, yang paling aman mungkin adalah dengan mengunjungi dokter kulit, dimana anda dapat meminta saran akan produk yang paling tepat untuk mengatasi masalah jerawat anda.

cara mengobati jerawat meradang

Langkah Mengatasi Jerawat Meradang


Langkah Pertama

Gunakan es batu dan tempelkan pada jerawat yang meradang tersebut. Tahan es batu selama beberapa menit tepat diatas jerawat yang meradang, fungsinya adalah untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi kemerahan.


Langkah Kedua

Cuci wajah anda dengan pembersih wajah yang mengandung asam salisilat. Ini dapat membantu membuka sumbatan pada pori-pori kulit dan membersihkan jerawat anda. Disarankan untuk membiarkan cleanser (pembersih wajah) selama kurang lebih 1 menit sebelum dibilas bersih. Tujuannya agar senyawa yang dapat melawan jerawat pada pembersih dapat terserap oleh kulit.

Langkah Ketiga

Oleskan produk anti jerawat topikal pada jerawat yang meradang tersebut. Menggunakan krim atau salep yang mengandung benzoil peroksida sangat disarankan sebagai obat jerawat meradang, karena dapat membantu untuk membunuh bakteri penyebab jerawat pada kulit anda.

Cari salep atau krim anti jerawat yang mengandung benzoil peroksida antara 2,5% hingga 4%. Pastikan wajah anda dalam keadaan kering sebelum mengoleskannya, hal ini adalah untuk menghindari terjadinya iritasi.



Langkah Keempat

Gunakan krim kortison untuk membantu menenangkan kulit dan mengurangi kemerahan yang diakibatkan oleh jerawat yang meradang. Anda dapat menggunakan krim kortison setiap hari langsung diatas jerawat hingga bekas jerawat hilang seluruhnya.

Langkah Kelima

Jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya jika anda harus berada dibawah sinar matahari langsung. Fungsinya selain untuk melindungi kulit yang memang sudah meradang, tabir surya dapat membantu mencegah bekas jerawat yang meradang tersebut tidak menjadi sangat hitam, sehingga tidak akan terlalu sulit untuk dihilangkan.

Langkah Keenam

Anda dapat menyembunyikan jerawat yang meradang menggunakan concealer. Pilih concealer yang bebas minyak (oil-free) dan memiliki warna lebih putih sedikit dari kulit anda. Menggunakan concealer ini akan membantu menutupi warna merah pada jerawat yang meradang tersebut.

Langkah Ketujuh

Anda juga dapat mengunjungi dokter kulit dan meminta mereka untuk menyuntikkan kortison langsung kedalam jerawat yang meradang. Selain akan mempercepat untuk mengempeskan, hal ini juga akan mengurangi kemungkinan terjadinya iritasi pada kulit anda.

Jika anda bisa mengikuti petunjuk mengenai cara mengobati jerawat yang telah disampaikan diatas tadi dengan baik, maka besar kemungkinannya untuk dapat meminimalisir masalah jerawat meradang yang anda alami. Selamat mencoba!