Apakah Kafein Dapat Menyebabkan Mata Bengkak/Sembab?

Mata bengkak / sembab dapat diakibatkan oleh berbagai faktor, termasuk diantaranya adalah dehidarsi dan kelelahan. Dan kafein adalah hal yang diketahui dapat menyebabkan dehidrasi dan kelelahan. Lalu, apakah kafein menyebabkan mata bengkak / sembab? Jawabannya adalah bisa jadi.

Pada artikel Makanan Yang Menyebabkan Mata Bengkak sudah disampaikan bahwa mengurangi asupan minuman-minuman berkafein dapat membantu tubuh anda untuk terhidrasi dengan baik dan membuat tidur anda lebih nyenyak.

Jika anda menduga kalau mata bengkak anda diakibatkan oleh konsumsi kafein yang berlebih, maka Gaya Hidup 99 menyarankan untuk segera menemui dokter untuk memastikannya. Anda juga sekaligus dapat menanyakan langkah-langkah untuk mengurangi bengkak/sembab pada mata anda.

kafein menyebabkan mata bengkak

Pengaruh Kafein Pada Kesehatan Mata


Menyebabkan Mata Bengkak dan Sembab

Anda dapat memiliki mata bengkak / sembab dikarenakan beberapa hal, dan mungkin tidak ada hubungannya sama sekali dengan konsumsi kafein anda. Tidur terlentang, reaksi alergi, kurang tidur, dan retensi urine adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan daerah di sekitar mata anda membengkak.

Mata bengkak dan sembab juga bisa diakibatkan oleh faktor genetik dan penuaan. Ketika anda semakin tua, elastisitas kulit anda juga akan semakin berkurang, dan ini akan mengakibatkan kulit di sekitar mata melorot. Kondisi ini akan semakin diperparah jika anda juga mengalami dehidrasi, sehingga mata anda akan terlihat semakin bengkak / sembab.

Efek Samping Kafein

Minum terlalu banyak kafein, terutama ketika sebelum tidur, dapat menyebabkan insomnia dan tidur yang tidak nyenyak. Hal ini pada gilirannya akan menyebabkan mata menjadi bengkak / sembab, apalagi jika anda sering begadang dan mengkonsumsi banyak kafein untuk membuat mata anda tetap terjaga, ini akan menghasilkan lingkaran hitam di sekitar mata.

Minuman-minuman berkafein juga diketahui dapat menimbulkan efek diuretik, yang akan menarik air dari kulit di sekitar mata dan membuatnya dehidrasi. Kondisi ini tentu akan membuat kulit di sekitar mata menjadi lebih kendur dan membuat kemunculan keriput semakin parah.


Cara Mengurangi Kafein

Jika anda yakin penyebab mata bengkak atau sembab yang anda alami karena konsumsi kafein yang berlebihan, maka anda dapat mencoba untuk mengurangi konsumsinya. Dan karena kafein juga memiliki efek positif bagi tubuh, maka sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter mengenai metode yang terbaik.

Lakukan pengurangan konsumsi kafein secara bertahap selama beberapa minggu dan amati perkembangan pada mata anda. Jika memang terjadi perubahan yang signifikan, maka memang benar kafeinlah yang menjadi penyebab mata bengkak anda.

Tips Tambahan

Selain mengurangi asupan kafein dan memastikan untuk mendapatkan tidur minimal 8 jam setiap hari, ada beberapa tips lain yang bisa anda lakukan untuk mengurangi masalah mata bengkak dan sembab yang anda alami.

Salah satunya adalah dengan menempelkan kantong bekas teh celup yang sudah anda gunakan ke mata anda. Tutup mata anda dan tempelkan kantong teh selama 5 menit di pagi hari. Ini cukup efektif untuk mengurangi sementara mata bengkak yang anda alami. Selain itu, hindari minuman beralkohol dan kurangi asupan garam anda. Kedua hal tadi juga diketahui dapat menyebabkan rentensi cairan yang mengakibatkan mata bengkak / sembab.

0 Komentar

Posting Komentar