Bahan-Bahan Sampo Terbaik

Tidak semua bahan yang terdapat dalam sampo bisa dikatakan baik untuk rambut dan kesehatan anda (lihat Bahan Dalam Sampo Yang Tidak Aman). Dan biasanya daftar bahan-bahan sampo yang terdapat di bagian belakang botol sampo memang sulit untuk dipahami karena ada banyak dan seringkali menggunakan istilah-istilah kimia.

Pengetahuan kita akan bahan-bahan yang baik maupun berbahaya bagi rambut kita juga terbatas. Karena itu, saat ini Gaya Hidup 99 ingin mencoba membagikan informasi tentang bahan-bahan sampo terbaik yang mungkin dapat menjaga kesehatan dan keindahan rambut anda.

bahan-bahan sampo terbaik

Bahan Pembuat Shampo Rambut

1. Laureth Sulfat
Selama ini ada banyak sekali kontroversi yang memperdebatkan tentang keamanan penggunaan deterjen dalam shampo. Diantara bahan yang paling banyak dibahas adalah pemakaian natrium lauril sulfat, amonium lauril sulfat, natrium laureth sulfat, dan amonium laureth sulfat.

Bahan-bahan ini membersihkan rambut, merubah tensi pada permukaan air, dan yang menyebabkan sampo mengeluarkan busa. Dari perbandingan yang dilakukan terhadap keempat bahan tersebut, walaupun semuanya dapat menyebabkan iritasi pada mata dan kulit jika dalam jumlah banyak, natrium lauril sulfat diketahui menunjukkan efek perubahan kulit ketika diuji-cobakan pada tikus di laboratorium.

Percobaan dilakukan pada kulit dan folikel rambut tikus. Karena itu, walaupun BPOM telah mengizinkan pengunaan keempat bahan tersebut dalam produk kosmetik dan perawatan pribadi, mungkin akan lebih baik jika anda memilih yang mengandung natrium dan amonium laureth sulfat.


2. Gliserin
Gliserin adalah cairan lemak yang digunakan dalam produk sampo karena mempunyai sifat sebagai pelembab. Gliserin ini termasuk bahan kimia yang tidak berwarna, tidak berbau, dan mempunyai rasa manis yang berfungsi sebagai hygroscope.

Bagi anda yang memiliki rambut kering, gliserin dapat memberikan kelembaban tambahan yang dibutuhkan rambut untuk terlihat sehat dan berkilau. Gliserin dapat menangkap uap air di udara dan memasukannya ke dalam folikel rambut. Selain itu, gliserin juga akan memberikan lapisan pelindung ke rambut anda, bahkan setelah anda membilas sampo hingga bersih. Hal inilah yang dapat memperlambat penguapan air dan membuat kelembaban rambut anda dapat bertahan lebih lama.

Artikel terkait yang layak dibaca:


3. Ekstrak Herbal
Alam sudah menyediakan begitu banyak bahan-bahan bermanfaat yang dapat anda pilih bagi kecantikan dan kesehatan anda, termasuk untuk sampo. Salah satunya adalah minyak jojoba, yang selain sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban rambut, juga akan membersihkan kelebihan sebum pada rambut dan kulit kepala, membuat rambut anda terasa lebih ringan dan terlihat penuh.

Bagi anda yang memiliki rambut pirang, ekstrak camomile diketahui memiliki efek bleaching ringan yang dapat memberikan highlight alami pada rambut, sehingga anda tidak perlu menggunakan bleaching kimia atau yang berbahan dasar amonia.

Untuk membuat rambut menjadi halus dan sehat, anda dapat memilih shampo herbal yang mengandung ekstrak jeruk nipis (lemon). Sampo berbahan lemon ini mungkin akan sangat berguna bagi anda yang memiliki rambut rusak atau berminyak.

0 Komentar

Posting Komentar