Perawatan Rambut Keriting: 3 Hal Penting Untuk Diketahui!

Rambut keriting terdiri dari banyak jenis tekstur dan pola, dan ini tidak dapat dilepaskan dari gaya hidup moderen saat ini dimana fashion rambut begitu berkembang. Namun walaupun sebagian besar tekstur dan pola rambut keriting tersebut memang membuat penampilan rambut menjadi lebih indah, merawatnya seringkali terasa menyulitkan.

Karena walaupun terlihat kuat dan kokoh, rambut keriting sebenarnya sangat rentan terhadap masalah rambut kering dan rapuh. Memperlakukan rambut dengan lembut dan menjaga kelembabannya tetap stabil adalah kunci perawatan rambut keriting yang dikatakan oleh para ahli rambut di dunia. Ini adalah hal mendasar yang dapat membuat rambut keriting tetap mengkilap, melenting, sehat, dan tentunya terlihat memukau.

perawatan rambut keriting

Cara Merawat Rambut Keriting


Menjaga Kelembaban Rambut Keriting

Jenis rambut keriting cenderung lebih kering jika dibandingkan dengan rambut yang lurus ataupun berombak, apalagi jika rambut tersebut panjang. Pola spiral pada bagian tengah hingga ujung rambut membuat minyak alami yang diproduksi kulit kepala tidak dapat mengalir dan melapisi helai rambut dengan sempurna.

Karena itu, rambut yang keriting perlu diberikan tambahan pelembab atau perawatan uap secara rutin untuk mempertahankan kelembabannya dan menjaga elastisitasnya. Selain itu, untuk perawatan sehari-hari anda juga dapat mengusapkan sedikit minyak biji anggur, minyak almond, ataupun minyak zaitun pada bagian ujung rambut.

Cara Menyisir dan Menyikat Rambut Keriting

Penting untuk diperhatikan bahwa menyisir atau menyikat rambut keriting harus dilakukan dengan hati-hati dan lembut. Anda dapat membayangkan jika rambut keriting itu seperti kain sutera yang halus, dan anda harus memperlakukan rambut anda selayaknya memperlakukan kain sutera tersebut.

Hindari memaksa sisir melewati keriting dengan keras, hal ini dapat membuat rambut menjadi mudah patah dan pecah-pecah. Ketika menyikat rambut, lakukakan secukupnya hanya untuk membantu pembentukan formasi pola rambut yang diinginkan.

Menjaga Bentuk Keriting Rambut

Bentuk rambut yang keriting seringkali membuatnya menjadi serbaguna, namun beberapa orang mungkin mengalami kesulitan dalam menjaga bentuk keriting tersebut. Memang tipe rambut keriting sangat responsif terhadap paparan elemen yang dapat dengan mudah merubah bentuk keritingnya, membuatnya terlihat tidak indah dan berantakan.

Sebenarnya menjaga bentuk rambut keriting dapat dilakukan lebih mudah jika kelembaban rambut terjaga atau memiliki kandungan protein yang seimbang. Menyisir menggunakan jari-jari tangan seringkali sangat membantu dalam menjaga bentuk rambut keriting dalam pola yang indah.

Setelah menerapkan kondisioner pada rambut, anda dapat menyisir rambut menggunakan jari tangan secara perlahan sambil membenahi bagian-bagian yang kusut. Selain tidak merusak bentuknya, hal ini juga dapat mempertegas pola keriting pada rambut anda menjadi terlihat lebih indah.

Tips dan Peringatan

Jika anda mempunyai banyak waktu dan tidak terlalu terburu-buru, maka setelah keramas dan menggunakan kondisioner sebaiknya jangan mengeringkan rambut dengan handuk. Bahkan anda tidak perlu menyentuh rambut lebih lanjut. Biarkan saja rambut kering secara alami.

Jika anda belum pernah mencoba tips ini, saya yakin anda akan kagum melihat hasilnya setelah rambut benar-benar kering. Anda akan mendapatkan bentuk pola keriting alami yang indah dan rambut tetap terlihat lembut serta berkilau.

Sangat tidak dianjurkan merawat rambut keriting dengan menggunakan produk-produk perawatan rambut yang mengandung bahan kimia keras ataupun alat yang memanaskan rambut. Kedua hal tersebut dapat dengan mudah mengikis kelembaban pada rambut dan membuatnya menjadi lebih rapuh.

Memakai produk pelurus rambut kimia mungkin akan membuat rambut keriting anda menjadi lurus, namun hal ini juga dapat mengakibatkan rambut menjadi sangat kering dan mudah pecah serta bercabang.

0 Komentar

Posting Komentar