Apa Yang Baik Untuk Dimakan Saat Berbuka?

Berdasarkan ilmu kesehatan, semakin lama waktu berpuasa maka semakin bertahap pula kita harus memasukkan makanan ke dalam tubuh. Pada saat waktu berbuka tiba, hal utama yang harus dilakukan adalah untuk kembali menghidrasi tubuh dengan meminum air.

Hindari makanan-makanan berat seperti roti, nasi, daging, atau gorengan yang akan menyebabkan perut menjadi kembung, kram, dan masalah pencernaan lainnya. Yang baik untuk dimakan saat berbuka puasa adalah makanan-makanan yang mudah dicerna dan dapat dengan cepat mengembalikan energi tubuh. Apa saja makanan-makanan tersebut?

makanan untuk saat berbuka puasa

Buah-Buahan

Buah-buahan segar adalah sumber vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang penting bagi tubuh. Selain itu buah juga merupakan makanan yang mudah dicerna dan dapat dengan cepat mengembalikan energi tubuh yang hilang selama berpuasa.

Walaupun mungkin tidak ada buah yang lebih baik dari buah kurma untuk berbuka, namun buah-buahan yang kaya kandungan air, gula alami, dan vitamin seperti apel, pir, semangka, dan melon dapat dijadikan pilihan. Penting untuk diperhatikan agar anda menghindari buah yang mengandung enzim pencernaan dan asam yang tinggi seperti jeruk, pepaya, dan nanas.


Sayuran

Anda dapat mengawali santapan berbuka anda dengan seporsi kecil salad ataupun semangkuk sup sayuran. Seperti buah-buahan, sayuran juga merupakan sumber vitamin dan mineral penting. Selain itu, sayuran kaya akan serat larut yang baik bagi organ-organ pencernaan. Penting untuk diperhatikan agar anda memilih jenis-jenis sayuran yang tidak menyebabkan produksi gas berlebihan pada lambung. Beberapa pilihan yang disarankan antara lain adalah kangkung, kembang kol, bayam, dan sayuran hijau.

Masih dalam kelompok sayuran yang disarankan untuk berbuka puasa adalah kecambah. Kecambah merupakan sumber gula sederhana, enzim dan hormon, vitamin B kompleks, vitamin C, dan vitamin E yang sangat baik. Ketika biji berubah menjadi kecambah, semua kandungan nutrisi tersebut akan meningkat. Ada banyak pilihan masakan yang dapat anda buat dengan kecambah, jadi silahkan olah sesuai selera.

Yogurt

Setelah selesai dengan makanan awal berbuka (buah-buahan atau sayuran), anda dapat meneruskannya dengan mengkonsumsi yogurt. Yogurt merupakan sumber bakteri baik yang membantu pencernaan dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Namun penting pula untuk diperhatikan bahwa tidak semua yogurt baik untuk dikonsumsi saat berbuka puasa. Hindari yogurt yang telah diberi tambahan aditif dan pemanis buatan. Sebaiknya pilih yogurt tawar (plain yogurt) sebagai hidangan berbuka anda.

0 Komentar

Posting Komentar