Menu Makanan Buka Puasa Yang Sehat

Sangat penting untuk diketahui oleh semua orang yang menjalankan ibadah puasa bahwa anda harus berbuka secara perlahan dengan makanan-makanan yang mudah dicerna. Semua ini adalah untuk menghindari terjadinya masalah pencernaan.

Langsung mengkonsumsi makanan berat yang sulit dicerna seperti roti, nasi, daging, gorengan, atau produk-produk susu berlemak saat berbuka puasa dapat menyebabkan kram perut, rasa mual, perut kembung (ini paling banyak dialami), dan diare.

Rasulullah sendiri sudah mencontohkan bagaimana cara berbuka puasa yang baik dan sehat, dan hal ini dibenarkan oleh para ahli nutrisi saat ini. Namun selain apa yang dicontohkan Nabi Besar Muhammad SAW, para ahli nutrisi tersebut juga merekomendasikan beberapa makanan untuk berbuka puasa yang juga dianggap baik.

menu buka puasa yang sehat

Smoothies Buah-Buahan Untuk Buka Puasa



Buah-buahan segar adalah pilihan yang sangat baik untuk berbuka. Buah-buahan mengandung gula alami yang mudah dicerna dan dirubah menjadi energi. Selain memakannya secara langsung, mengolah buah-buahan menjadi minuman smoothies adalah hal yang disarankan.

Selain mengkonsumsi buah kurma yang diajarkan Rasulullah, anda dapat memilih buah yang mudah dicerna dan mengandung kadar air tinggi seperti apel, semangka, anggur, dan buah berries untuk dijadikan smoothies. Hindari buah-buahan yang mengandung enzim pencernaan seperti pepaya dan nanas karena dapat mengganggu lambung dan menyebabkan mual.

Beberapa resep smoothies dan es buah segar dapat dilihat DISINI.

Buka Puasa Dengan Bubur Sayuran


Selain mengkonsumsi buah-buahan segar, bubur dan sup sayuran juga merupakan pilihan makanan yang disarankan untuk berbuka puasa. Sayur-sayuran adalah sumber vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, sayuran juga merupakan sumber serat yang baik bagi organ pencernaan.

Untuk berbuka puasa, pilihlah sayuran yang tidak menyebabkan produksi gas yang berlebihan dalam lambung. Sayuran seperti kecambah, kangkung, bayam, kembang kol, dan sayuran hijau lainnya adalah pilihan yang baik.

Makan Yogurt Sehat Untuk Buka Puasa


Setelah mengkonsumsi buah-buahan atau sayuran, anda dapat melanjutkannya dengan mengkonsumsi yogurt. Namun penting untuk diperhatikan, tidak semua yogurt dapat dikatakan baik dan disarankan. Pilihlah yogurt yang rendah lemak serta memiliki kandungan probiotik yang tinggi seperti plain yogurt (yogurt tawar).

Untuk menambahkan rasa manis, anda dapat mencampurnya dengan sedikit madu sesuai selera. Yogurt seperti ini akan menambah jumlah bakteri baik yang menjaga kesehatan organ pencernaan selama puasa.

0 Komentar

Posting Komentar