Makanan Berikut Ini Akan Menyehatkan Kantung Empedu

Kantung empedu adalah kantung kecil yang menyimpan cairan empedu, letaknya menempel pada hati dan berada di bagian kanan atas perut. Informasi gaya hidup sehat yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai kesehatan dari organ tersebut.

Masalah pencernaan dan penyakit tumor dapat memicu terbentuknya batu empedu yang menyebabkan terganggunya fungsi pencernaan dan menimbulkan gejala seperti nyeri, mual, dan muntah.

Berdasarkan beberapa penelitian yang telah dilakukan, jenis-jenis makanan tertentu diketahui dapat meningkatkan kesehatan kantung empedu dan menjaga tubuh dari penyakit-penyakit mematikan. Beberapa makanan yang menyehatkan kantung empedu tersebut antara lain:

makanan yang menyehatkan kantung empedu

Makanan Untuk Kesehatan Kantung Empedu


Sayuran dan Buah-Buahan

Sayuran dan buah-buahan adalah sumber utama dari antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit. Antioksidan seperti likopen, betakaroten, dan vitamin C diketahui sangat baik dalam mengurangi gejala penyakit kantung empedu.

Beberapa jenis sayuran yang sangat disarankan antara lain adalah wortel, brokoli, kubis, sayuran hijau, dan paprika. Sedangkan untuk buah-buahannya antara lain adalah tomat, kiwi, melon, jeruk, dan buah berry.

Biji-Bijian

Biji-bijian utuh seperti oats, barley, beras merah, dan kinoa diketahui mengandung nutrisi yang lebih lengkap. Ini berarti makanan-makanan tersebut lebih banyak mengandung vitamin, mineral, dan serat jika dibandingkan dengan biji yang telah diolah seperti tepung terigu.

Mengkonsumsi makanan yang rendah serat diketahui meningkatkan resiko terbentuknya batu empedu. Karena itu sebaiknya singkirkan atau kurangi asupan roti putih, nasi instan, pasta, dan makanan ringan yang terbuat dari tepung. Ganti makanan-makanan tersebut dengan daftar yang sebelumnya sudah disebutkan.

Kacang-Kacangan

Makanan yang berupa kacang-kacangan diketahui mengandung serat lebih tinggi dari kebanyakan makanan sumber serat lainnya. Yang termasuk dalam kelompok ini antara lain kacang lentil, kacang polong, buncis, kacang panjang, koro, dll. Selain itu, kacang-kacangan adalah sumber protein nabati yang rendah lemak serta bebas kolesterol.

Kacangan-kacangan dapat dijadikan sebagai pengganti dari daging merah yang tinggi lemak dan kolesterol. Berdasarkan hasil penelitian, menu makan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi diketahui juga dapat meningkatkan resiko batu empedu.

Untuk menjaga kesehatan kantung empedu, sering-seringlah merotasi menu makanan yang tinggi lemak dan kolesterol dengan sumber protein nabati seperti tempe dan tahu.

Minyak Nabati

Mentega dan makanan-makanan yang diolah dengannya seperti kentang goreng, kraker, kue kering, dll diketahui mengandung asam lemak trans, yaitu lemak tidak sehat yang dianggap berperan besar dalam kenaikan jumlah kolesterol dan meningkatkan resiko penyakit jantung.

Selain itu, lemak trans juga dipercaya mempunyai keterkaitan dengan menurunnya kondisi kantung empedu. Untuk mencegah itu semua, sebaiknya jangan menggoreng makanan dengan mentega atau minyak-minyak komersil lainya.

Ganti minyak goreng anda dengan minyak zaitun, minyak canola, dan minyak kelapa (bukan sawit). Minyak nabati yang diproses dengan baik dapat berarti besar bagi kesehatan kantung empedu anda.

0 Komentar

Posting Komentar