Ketahui Cara Memilih dan Mengkonsumsi Daging Yang Sehat!

Artikel makanan sehat kali ini mungkin tidak akan bermanfaat bagi anda yang menjalani pola makan vegetarian. Tapi bagi anda yang sangat menyukai daging, baik itu daging putih seperti ayam dan kelinci, ataupun daging merah seperti kambing dan sapi, maka anda harus membaca baik-baik artikel ini.

Bagi anda yang mempunyai masalah kesehatan tertentu, mengkonsumsi daging, terutama daging merah tentu akan menjadi masalah. Namun jika tau bagaimana cara memilih dan mengkonsumsi dengan benar, maka daging dapat menjadi tambahan yang bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan secara umum. Berikut ini adalah makanan sehat bagi pencinta daging.

makanan sehat bagi pencinta daging

Cara Memilih Dan Mengkonsumsi Daging Yang Baik


Pilih Daging Berkualitas

Penting untuk diingat bahwa anda harus menghindari daging yang terlapisi tepung roti, daging yang diasinkan, ataupun daging yang diolah dengan saus yang mengandung banyak bumbu penyedap. Sebaiknya pilih daging yang masih segar dan berasal dari hewan yang mengkonsumsi lebih banyak hijauan (seperti sapi lokal).

Tidak hanya rasanya yang lebih enak, daging ini juga mengandung lebih banyak vitamin E, lemak omega-3, dan senyawa antikanker yang disebut CLA (asam linoleat yang terkonjugasi).

Untuk pilihan lain, sebaiknya pilih untuk mengkonsumsi daging ayam kampung dan ikan laut. Kandungan proteinnya lebih tinggi dan kualitas dagingnya juga jauh lebih sehat daripada ayam potong dan ikan air tawar yang dibudidayakan secara besar-besaran.

Lengkapi Masakan Daging Dengan Sayuran

Setiap mengkonsumsi daging, pastikan untuk mengkonsumsi juga aneka sayuran, khususnya sayuran hijau. Potongan kentang dan jagung bukanlah pilihan sehat yang disarankan, karena itu singkirkan saja mereka.

Aneka sayuran menambahkan asupan serat, vitamin, antioksidan, dan mineral penting yang sangat bermanfaat. Sebagai contoh, anda dapat melengkapi masakan daging anda dengan seporsi lalapan, potongan tomat dan timun, ataupun brokoli, jamur, dan asparagus panggang.

Jenis Lemak Dalam Potongan Daging

Sebagian besar orang selalu menghindari lemak karena dianggap mempunyai efek buruk bagi kesehatan. Namun anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Setiap orang memerlukan konsumsi lemak karena merupakan hal yang sangat penting bagi tubuh, walaupun anda seorang vegetarian sekalipun.

Untuk memenuhinya, anda dapat memilih berbagai sumber yang mengandung lemak sehat (lemak tak jenuh tunggal dan ganda). Anda dapat memasak daging menggunakan minyak kelapa (bukan kelapa sawit) dan minyak zaitun.

Pilihan lemak sehat lainnya terdapat dalam buah alpukat, serta kacang-kacangan. Ada banyak pilihan masakan daging yang dapat anda kombinasikan dengan bahan-bahan tersebut.

Karbohidrat Dengan Indeks Glikemik Rendah

Daging merah sebaiknya dikonsumsi dengan karbohidrat yang mempunyai nilai indeks glikemik rendah. Makanan yang mempunyai nilai indeks glikemik rendah akan dicerna secara lebih perlahan dan dapat membuat gula darah menjadi lebih stabil.

Makanan ini juga akan membuat anda tidak cepat merasa lapar lagi. Beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan adalah ubi jalar dan olahannya, pasta gandum, dan butternut squash (semacam labu dengan bentuk lonjong, dapat dibeli di supermarket besar atau ranch market).

0 Komentar

Posting Komentar