Ketahui Cara Membantu Istri Anda Mengatasi Stres!

Sebagai seorang suami yang perhatian, tentu akan sangat sulit rasanya jika mengetahui istri yang anda sayangi sedang mengalami masalah stres. Baik itu stres karena pekerjaan, anak-anak, masalah keuangan, atau faktor pemicu lain yang datang dari luar maupun dari lingkungan keluarga.

Segala hal tersebut memang tidak dapat dipisahkan dari gaya hidup modern saat ini yang penuh dengan tuntutan. Dan permasalahan tentu akan menjadi semakin rumit ketika stres yang dialami tidak hanya mempengaruhi dirinya sendiri, namun merembet ke anggota keluarga yang lainnya.

Anda harus melakukan sesuatu! Walaupun kebanyakan masalah stres bersifat personal dan hanya bisa diredakan dari dalam diri sendiri, namun ada beberapa cara membantu istri mengatasi stres yang dapat anda coba lakukan.

cara membantu istri mengatasi stres

Langkah-Langkah Mengatasi Stres Pada Istri


Langkah 1

Ajak istri anda untuk berbicara. Cobalah untuk mengetahui apa saja yang menjadi sumber dari stres dan pilah untuk faktor-faktor yang menjadi pemicu utama. Bantu istri untuk mengidentifikasi faktor pemicu yang tidak terlalu penting yang sebenarnya bisa diabaikan.

Jika perlu dan memungkinkan, ambil sebagian tanggung jawab dari tugas-tugas tertentu jika memang itu termasuk faktor yang membuatnya mengalami stres.

Langkah 2

Yakinkan istri anda untuk tidak memikirkan dan melepaskan beberapa sumber pemicu stres yang memang sebenarnya tidak perlu.

Atau jika istri anda termasuk orang yang tidak dapat mengatakan 'tidak' kepada orang lain, anda dapat menjadikan diri anda sebagai tameng. Ini agar istri anda tidak terjebak dalam situasi yang tidak disukainya. Jelaskan kepadanya dengan lembut bahwa anda hanya ingin menjaganya.

Langkah 3

Jadilah suami 'siaga'. Buatlah diri anda selalu siap ketika istri anda ingin berbicara. Jangan lupa untuk selalu mengingatkannya jika anda akan selalu ada kapan saja setiap dia membutuhkan seseorang untuk mendengarkan.

Langkah 4

Cobalah sekali-kali untuk mengambil lebih banyak tugas sehari-hari seperti memasak, mencuci, pergi berbelanja, menemani anak-anak, dan membersihkan sekitar rumah yang biasanya selalu menyita waktu dan tenaga istri anda.

Langkah 5

Bantu istri anda untuk memilah tugas-tugas dan hal yang harus dilakukannya. Kelompokkan mulai dari yang paling penting hingga tugas yang kecil-kecil. Dorong dia untuk melakukannya satu-persatu dan yakinkan kepadanya bahwa seharusnya itu adalah hal yang tidak terlalu sulit - jadi dia tidak perlu merasa kewalahan dan menjadi stres. Dan jika memang dibutuhkan, bantulah istri anda dalam mengelola waktu.



Langkah 6

Berikan waktu pribadi kepada istri anda. Anda dapat mengajak seluruh anggota keluarga yang lain untuk keluar sementara waktu agar istri anda dapat merasakan ketenangan dengan dirinya sendiri.

Atau atur untuk mengerjakan semua tugas rumah bersama anak-anak, dan katakan kepadanya jika dia boleh keluar untuk menikmati waktunya sendiri.

Langkah 7

Ajak istri anda untuk joging atau pergi ke gym atau melakukan aktifitas fisik lainnya secara bersama-sama. Olahraga diketahui sebagai terapi yang baik untuk meredakan ketegangan dan stres. Dan jika dilakukan secara bersama-sama, ini akan semakin mengeratkan hubungan anda dan sangat baik secara fisik dan mental.

Langkah 8

Cobalah untuk melakukan kegiatan yang santai dan menyenangkan bersama-sama istri anda. Mengikuti kelas yoga, melakukan terapi pijat, ataupun sekedar membaca buku berdua sambil mendengarkan musik-musik yang menenangkan.

Langkah 9

Pastikan untuk hanya mengkonsumsi makanan sehat, baik itu untuk anda, istri anda, maupun anggota keluarga yang lain seperti anak-anak. Mungkin ini dianggap hal yang remeh. Namun makanan-makanan sehat seperti buah-buahan segar, sayuran segar, biji-bijian, protein rendah lemak, dan makanan sehat lainnya sangat berperan dalam meredakan stres.

Langkah 10

Bantu istri anda untuk mendapatkan tidur yang nyenyak dan cukup. Anda dapat membuatkannya secangkir teh hijau atau yang lainnya. Buatlah suasana kamar tidur menyenangkan. Anda dapat memasang aroma terapi yang membuat rileks dan sedikit meredupkan lampu.

Langkah 11

Atur jadwal berkencan. Walaupun sudah menikah, bukan berarti anda tidak boleh berkencan seperti waktu berpacaran dulu. Aturlah jadwal seminggu sekali untuk sekedar makan malam berdua, menonton film di bioskop, ataupun berkumpul dengan teman-teman anda berdua di tempat-tempat yang menyenangkan.

Perhatikan diri anda ketika berinteraksi dengan istri. Tahanlah diri anda untuk tidak menghakimi, bersikap terlalu kritis, ataupun menjadi seorang yang antagonis. Hal-hal seperti itu justru akan semakin memperburuk keadaan istri anda.

Semoga panduan tips mengenai cara membantu istri mengatasi stres diatas dapat berguna bagi anda.

0 Komentar

Posting Komentar