Cara Anda Membantu Pasangan Mengatasi Stresnya

Kembali Gaya Hidup 99 akan membahas tentang cara mengatasi stres. Kali ini adalah mengenai reaksi kita terhadap pasangan yang sedang mengalami stres. Tidak ada satu orangpun yang dapat mengatasi stres seorang diri. Secara alami, seseorang yang mengalami stres biasanya akan berusaha lebih dekat dengan orang yang dikasihinya.

Sebagai pasangan, anda harus peka terhadap hal ini. Sebuah sentuhan yang lembut dan kata-kata yang menenangkan adalah beberapa tindakan sederhana yang ampuh bagi pasangan anda dalam melewati stres yang dialaminya.

Sebuah perhatian yang penuh cinta dapat menenangkan pusat stres di otak dan mengurangi tingkat kecemasan. Hal ini akan membuat pasangan anda menjadi lebih kuat dalam menanggung masalah yang dialaminya. Berikut adalah beberapa cara membantu pasangan mengatasi stres yang disarankan oleh para ahli.

cara membantu pasangan mengatasi stres

Langkah-Langkah Mengatasi Stres Pasangan


Langkah 1

Cobalah untuk menemukan sumber dari masalah yang paling utama. Jangan hanya melihat pada persoalan-persoalan yang ada di permukaan. Coba bantu pasangan anda untuk menelusuri jauh lebih kedalam tentang peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang dapat menimbulkan rasa marah, kecewa, sedih, sakit, dan emosi lain yang sejenis.

Jika memang diperlukan, anda dapat membantunya untuk mengerjakan beberapa pekerjaan sederhana yang dapat meringankan bebannya. Tapi anda harus bertanya terlebih dahulu dan meyakinkan dirinya bahwa itu tidak akan merepotkan anda. Ini penting karena bisa jadi dia tidak menginginkan bantuan anda.

Langkah 2

Pertimbangkan pula bahwa bisa jadi anda atau tindakan anda termasuk dalam bagian yang membuat pasangan anda menjadi stres. Jika anda merasa bahwa beberapa permintaan anda yang terakhir menjadi salah satu penyebab, maka bebaskan pasangan anda dari tanggung jawab tersebut.

Berikan sedikit keleluasaan baginya untuk menenangkan pikiran dan beristirahat sejenak. Jangan memaksanya untuk terus membicarakan masalah-masalah yang anda pikir menjadi penyebab dari stres yang dialami pasangan anda.


Langkah 3

Masalah keuangan sering memicu terjadinya stres dalam hubungan pasangan. Berdasarkan sebuah survey, 15% pasangan diketahui bertengkar beberapa kali dalam sebulan mengenai masalah keuangan ini.

Jika pasangan anda termasuk dalam kelompok orang yang terkena ancaman PHK, pemotongan gaji, harus sering kerja lembur, atau melakukan lebih dari 1 jenis pekerjaan hanya agar dapat memenuhi kebutuhan hidup, maka anda harus menyadari bahwa sebagian dari stresnya pasti akan dibawa pulang.

Anda harus menjadi bagian dari sebuah solusi. Diskusikan dengan pasangan anda untuk menemukan pemecahan terhadap masalah keuangan tersebut. Jika memang harus memotong anggaran belanja, menjual barang, mencari pemasukan lain, atau solusi lainnya, maka anda harus benar-benar melakukannya.

Langkah 4

Luangkan waktu. Usahakan untuk menetapkan waktu-waktu tertentu yang khusus anda berikan ke pasangan atau keluarga anda. Biasanya kehidupan pekerjaan dan kewajiban-kewajiban sosial lainnya akan ikut menyita waktu anda buat pasangan.

Jangan terlarut dengan keadaan seperti itu. Anda harus bisa menyediakan waktu-waktu spesial untuk pasangan. Buat dirinya mengetahui bahwa tidak ada prioritas yang lebih penting selain dirinya.

Langkah 5

Jadilah seorang pendukung yang sungguh-sungguh. Anda tidak hanya mengucapkan bahwa anda selalu mendukungnya, tapi anda juga harus menyatakannya dengan tindakan. Seringkali perasaan cinta dan dukungan yang sungguh-sungguh ini sudah cukup untuk membuat pasangan anda menjadi lebih tangguh.

Anda harus menjadi tempat yang aman dan tempat yang nyaman untuk bersandar di kala lelah. Anda juga bisa menjadi penyejuk yang mengatakan bahwa stres adalah sebuah hal yang normal dan pasti akan bisa diatasi.

Langkah 6

Pererat hubungan anda. Hubungan yang kuat dan erat dengan pasangan adalah salah satu pertahanan yang penting dalam mengatasi stres. Usahakan untuk selalu berdiskusi dengan baik pada pasangan anda.

Pikirkan bahwa masalahnya adalah masalah anda juga. Jadi sebuah satu-kesatuan. Beri dukungan pasangan anda ketika dia menyalahkan dirinya sendiri terhadap suatu masalah. Jadilah seorang yang fleksibel dan selalu meyakinkan pasangan anda bahwa anda dan dirinya adalah satu tubuh yang sama.

Anda dapat melakukan beberapa aktifitas yang mengendurkan urat saraf secara bersama-sama seperti melakukan yoga, pijat, perawatan spa, ataupun berolahraga ringan seperti joging dan berenang.

Anda juga dapat mengajaknya untuk berkumpul dengan teman-teman atau sodara di tempat-tempat rekreasi ataupun kafe yang nyaman.

1 Komentar:

  1. Wou patut dicoba nih saya sering mengalami stres tapi semoga dengan artikel ini bisa membantu saya. Trimakasih

    BalasHapus