Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Performa Dalam Olahraga

Melakukan kegiatan olahraga, baik itu yang hanya berupa permainan dengan teman-teman hingga menjadi seorang atlet profesional akan memberikan banyak manfaat bagi anda. Mulai dari dapat meningkatkan kesehatan jantung sampai dengan meningkatkan rasa percaya diri - olahraga benar-benar akan berdampak pada kehidupan anda secara signifikan.

Berdasarkan apa yang disampaikan oleh para ahli dalam bidang olahraga, Gaya Hidup 99 merangkum bahwa keberhasilan seseorang dalam olahraga yang ditekuninya sangat tergantung dari berbagai faktor, baik itu mental maupun fisik. Dan berikut ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi performa dalam olahraga.

faktor yang mempengaruhi performa olahraga

Kekuatan dan Daya Tahan Otot

Setiap kegiatan yang anda lakukan dalam olahraga, mulai dari melempar, menendang, berlari, melompat, dan lain-lain, semuanya melibatkan aksi dari otot anda.

Ada jenis-jenis olahraga yang sangat membutuhkan kekuatan otot dalam jumlah besar tapi singkat (contohnya angkat besi), ada pula jenis-jenis olahraga yang lebih membutuhkan daya tahan otot yang luar biasa (contohnya lari maraton), dan kebanyakan sisanya adalah olahraga-olahraga yang membutuhkan kombinasi antara kekuatan dan daya tahan otot.

Karena itu, selain sangat penting untuk mengkonsumsi makanan untuk kekuatan otot, anda juga perlu untuk melatih kekuatan dan ketahan otot tubuh anda.

Ada beberapa gerakan olahraga yang dapat membantu anda untuk melatih otot-otot tubuh anda, selain berlatih beban di ruangan gym. Untuk melatih kekuatan, anda dapat mengangkat beban yang lebih berat dengan hanya beberapa kali pengulangan. Sedangkan untuk melatih daya tahan, anda dapat mengambil beban yang lebih ringan dengan pengulangan yang jauh lebih banyak (berkali-kali).


Kapasitas Kardiovaskular

Otot yang dapat anda lihat bukanlah satu-satunya otot yang mempengaruhi performa anda dalam olahraga. Jantung yang merupakan bagian dari sistem kardiovaskular anda adalah sangat krusial, karena itu yang memastikan darah yang mengandung oksigen dapat mencapai otot-otot yang ada di seluruh tubuh anda.

Otot yang tetap mendapat pasokan oksigen secara lancar akan menunjukkan kinerja yang maksimal dalam berlari, melompat, dan melempar. Untuk melatih kardiovaskular anda, lakukan latihan kardio seperti berlari, berenang, aerobik, bahkan menari.

Percaya Diri

Menanamkan rasa percaya diri, baik itu terhadap kemampuan diri sendiri maupun terhadap teman-teman dalam satu tim adalah hal yang sangat vital dalam olahraga. Memiliki keyakinan akan memberikan sikap yang positif serta membantu anda dalam memvisualisasikan dan mencapai kesuksesan.

Menurut Jim Taylor, Ph.D, kepercayaan diri adalah faktor mental yang paling penting dalam olahraga, sehingga anda harus benar-benar menanamkan hal ini. Jika dari awal anda sudah tidak yakin dapat mengalahkan lawan atau memberikan kemampuan yang maksimal, maka besar kemungkinannya pikiran negatif itu akan terbukti nyata.

Berpikir Strategis

Seperti telah anda ketahui, banyak sekali jenis-jenis olahraga yang sebenarnya lebih mementingkan kemampuan mental daripada hanya sekedar kemampuan fisik.

Karena itu, berpikir strategis juga merupakan faktor yang sangat penting untuk menentukan sebuah keberhasilan. Berpikir strategis berarti  anda mengerti bagaimana cara berinteraksi dengan teman satu tim maupun pemain lawan.

Dengan begini anda akan tau bagaimana cara mengantisipasi setiap pergerakan maupun cara mengembangkan permainan yang akan meningkatkan peluang anda untuk dapat memenangkan pertandingan.