Ciri-Ciri Bayi Jenius

Adalah hal yang sangat umum bagi para orangtua baru jika merasa bahwa bayi mereka berbakat. Namun sebenarnya anak yang jenius adalah kejadian yang langka. Jika memang benar bayi anda adalah satu dari sedikit anak yang dikaruniai kecerdasan yang luar biasa, maka mereka akan menunjukkan tanda-tanda akan kejeniusannya tersebut sejak dari bayi.

Namun penting untuk diingat, bahwa walaupun ciri-ciri bayi jenius dapat terlihat sejak dini, tapi setiap anak juga berbeda dan memiliki waktu sendiri-sendiri dalam mengembangkan bakat atau keterampilan mereka. Gaya Hidup 99 sudah mengumpulkan beberapa tanda yang dapat mengindikasikan apakah anak anda termasuk dalam kelompok anak jenius.

ciri-ciri bayi jenius

Tanda Dan Ciri-Ciri Anak Jenius dan Berbakat

Memenuhi Tahap-Tahap Perkembangan Lebih Cepat
Bayi yang dapat melakukan segala sesuatu lebih dini atau lebih cepat dari rata-rata bayi umumnya bisa merupakan indikasi bahwa mereka berbakat.

Coba perhatikan bayi anda, apakah mereka memiliki perkembangan yang lebih cepat dari teman-teman seusianya. Perkembangan yang dimaksud disini termasuk pada perkembangan otot besar seperti merangkak dan berjalan, serta perkembangan otot kecil seperti tersenyum dan menggenggam.

Juga bandingkan apakah mereka dapat berbicara lebih cepat dan lebih kompleks daripada anak seusianya.


Ketertarikan Yang Lebih Tinggi Dalam Bahasa
Bayi-bayi yang jenius biasanya lebih dini dalam memperhatikan orang berbicara dan dapat mulai berbicara lebih awal daripada anak seusianya.

Bayi berbakat juga biasanya akan memperlihatkan ketertarikan lebih awal pada buku dan mampu untuk diam serta memperhatikan cerita saat usia 6 bulan. Saat usia 14 bulan, banyak bayi berbakat yang sudah mampu untuk berbicara dalam kalimat 2 kata, dan akan mampu untuk memahami maksud perkataan kita saat usia mereka 18 bulan.

Memiliki Memori atau Ingatan Yang Baik
Bayi-bayi yang berbakat seringkali akan memukau orangtua mereka sejak dini dengan kemampuan mereka dalam mengingat dan berkoneksi dengan sesuatu. Sebagai contoh adalah memori yang mengagumkan dimana mereka dapat mengingat dimana mereka meletakkan boneka kesayangan mereka, atau mengingat bahwa jus kesukaan mereka disimpan dalam kulkas, dan mereka memintanya dilain waktu saat melihat kulkas, walaupun itu tidak di rumah sendiri.

Pemecah Masalah Yang Baik
Seorang bayi yang jenius seringkali dapat memecahkan masalah yang tampaknya melampaui usia mereka. Anda mungkin akan terkejut saat mendapati bagaimana anak anda menumpukkan buku atau barang-barang tertentu yang digunakannya sebagai tangga untuk meraih sesuatu yang tak bisa dijangkaunya.

Fokus
Anak-anak yang berbakat seringkali menemukan sesuatu yang menarik bagi mereka dan mampu untuk fokus pada sesuatu tersebut dalam jangka waktu yang lama. Tidak peduli apakah itu mendengarkan suatu cerita atau mempelajari keterampilan baru, anda akan melihat bahwa anak yang berbakat memiliki fokus yang luar biasa, serta tekad yang sangat kuat saat mempelajari sesuatu.

Untuk melengkapi informasi anda mengenai tanda-tanda bayi yang jenius, anda juga dapat membaca artikel sebelumnya mengenai cara untuk tes IQ bayi.


Artikel lainnya yang juga mungkin bermanfaat: