Seperti Apa Pengobatan Jerawat Alami Yang Terbaik?

Artikel kecantikan kali ini akan membahas mengenai obat jerawat alami. Berdasarkan data yang ada, jerawat adalah penyakit kulit umum yang mempengaruhi hampir 85% remaja setiap tahunnya. Namun walaupun secara umum lebih banyak dialami oleh remaja, jerawat dewasa mungkin saja muncul pada mereka yang berusia lebih matang.

Karena itu tidak heran jika ada banyak sekali jenis obat jerawat yang ditawarkan di pasaran, baik itu yang dijual bebas maupun yang harus dengan munggunakan resep dokter. Dan walaupun ada banyak pilihan pengobatan jerawat, sebagian orang lebih senang menggunakan cara-cara alami untuk mengatasi masalah jerawat mereka.

Para ahli kulit juga mengatakan jika mengobati jerawat secara alami bisa cukup efektif bila dilakukan dengan tepat.

pengobatan jerawat alami terbaik

Cara Mengobati Jerawat Secara Alami


Penyebab Jerawat

Faktor yang dapat menjadi penyebab munculnya jerawat ada banyak sekali. Hingga saat inipun para dokter masih terus meneliti tentang penyebab pasti dari kemunculan jerawat. Namun secara umum beberapa faktor seperti bakteri, pori-pori yang tersumbat, dan peradangan pada kulit dianggap mempunyai peranan.

Faktor hormon juga diketahui dapat menjadi penyebab jerawat. Dan pengobatan jerawat alami biasanya terfokus pada bagaimana cara mengurangi peradangan dan menyingkirkan kelebihan minyak yang dapat membuat pori-pori tersumbat.

Tipe Pengobatan Jerawat

Setidaknya ada tiga pengobatan jerawat secara alami yang dikatakan cukup efektif untuk meminimalkan masalah jerawat.
  • Pertama adalah minyak tea tree yang dianggap sama efektifnya dengan benzoil peroksida.
  • Kedua adalah suplemen zinc (seng), yaitu mineral yang sangat penting bagi tubuh untuk proses penyembuhan. Selain itu, zinc juga dapat meredakan peradangan dan mengurangi munculnya jerawat.
  • Dan yang ketiga adalah asam glikolat, yaitu senyawa alami yang sangat ampuh untuk mengelupaskan dan membersihkan sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori kulit.

Pertimbangan

Jika anda mempunyai jerawat, maka jangan memencetnya. Hal ini justru akan membuatnya semakin meradang dan bisa meninggalakan bekas. Jika anda memiliki lesi jerawat yang kemungkinan akan meninggalkan bekas berupa jaringan parut, maka pertimbangkan untuk mengoleskan minyak tea tree. Minyak ini diketahui cukup efektif untuk menghilangkan bekas jerawat, atau setidaknya menyamarkannya.

Kesalahan-pahaman Konsep

Banyak orang yang berpikiran jika sering mencuci muka dapat mengobati masalah jerawat atau mencegah munculnya jerawat.

Sebenarnya, mencuci wajah terlalu sering justru akan membuat kulit menjadi kering, dan ini akan memicu kelenjar minyak untuk berproduksi lebih banyak. Cukup cuci muka anda 2 kali sehari dengan sabun wajah yang lembut. Sebagian sabun wajah juga mengandung minyak tea tree yang menenangkan dan meredakan jerawat.

Peringatan

Minyak tea tree tidak boleh digunakan oleh orang yang mempunyai rosacea. Sedangkan untuk menghindari rasa mual yang merupakan efek samping umum dari suplemen zinc, maka konsumsi suplemen tersebut bersamaan dengan mengkonsumsi makanan.

Dan untuk asam glikolat, sebagian orang dapat mengalami kemerahan dan rasa tersengat pada kulitnya. Jika anda mengalami gejala-gejala tersebut, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan langkah selanjutnya.

Semoga artikel pengobatan jerawat alami terbaik diatas dapat memberikan pemahaman yang lebih kepada anda mengenai bagaimana cara memilih obat jerawat, cara mengobati jerawat, dan cara menghindari kesalahan-kesalahan umum yang biasa dilakukan oleh orang-orang saat mengobati masalah jerawat mereka.

0 Komentar

Posting Komentar