5 Langkah Membersihkan Bulu Mata Dengan Shampo Bayi

Blepharitis adalah peradangan pada kelopak mata yang sering dialami oleh mereka yang memiliki ketombe, kulit berminyak, ataupun mata kering. Kondisi ini tidak menular, namun akan menyebabkan kemerahan serta iritasi pada kelopak mata, yang pada akhirnya dapat menimbulkan serpihan kecil seperti ketombe di bulu mata.

Menurut American Optometric Association, membersihkan bulu mata dan kelopak mata dengan shampo bayi dikatakan dapat mengatasi masalah tersebut. Hal ini juga sekaligus dapat mengurangi gejala yang berhubungan dengan blepharitis. Lalu bagaimana langkah-langkah untuk melakukannya?

cara membersihkan bulu mata

Langkah-Langkah Membersihkan Bulu Mata Anda


Langkah 1

Cuci bersih tangan anda terlebih dahulu. Rendam waslap dalam air hangat, lalu tempelkan waslap tersebut pada kelopak mata yang bermasalah selama kurang lebih 5 menit. Fungsi dari air hangat ini adalah untuk melunakkan serpihan-serpihan kecil seperti ketombe yang menempel pada kelopak dan bulu mata.

Langkah 2

Buat larutan dengan mencampurkan shampo bayi dan air hangat. Takarannya adalah 2-3 sdm shampo bayi dengan 6 sdm air hangat. Aduk perlahan hingga benar-benar tercampur merata.

Langkah 3

Basahi kapas dengan larutan tersebut, tutup mata anda, lalu usapkan secara lembut pada kelopak mata bagian atas maupun bagian bawah untuk membersihkannya. Lakukan beberapa kali hingga yakin sudah benar-benar bersih. Anda tidak perlu khawatir jika ada sedikit larutan yang masuk ke mata karena shampo bayi memang tidak akan membuat mata perih.

Langkah 4

Selanjutnya, basahi kapas dengan air hangat saja untuk menuntaskan membersihkan kelopak dan bulu mata. Gunakan sisa air hangat untuk mencucinya agar pembersihan benar-benar tuntas. Setelah itu, keringkan kelopak mata dengan menepuk-nepukkan handuk kering yang bersih.

Sebagai langkah terakhir, anda dapat mengoleskan salep ataupun meneteskan obat tetes mata yang telah diresepkan oleh dokter mata anda.

Bagaimana, mudah bukan cara membersihkan bulu mata dengan menggunakan shampo bayi? Selamat mencoba!

0 Komentar

Posting Komentar